• Wed. Oct 9th, 2024

PID Polda Kepri

Pengelola Informasi & Dokumentasi Polri

Penanggulangam SDA

ByNora listiawati

Jan 10, 2024

pid.kepri.polri.go.id- Polri dalam penanggulangan sumber daya alam dan kelestarian lingkungan hidup guna mewujudkan kelangsungan pembangunan nasional yang berkelanjutan mempunyai peran yang cukup signifikan dalam masalah penegakan hukum serta perlindungan dan pengayoman kepada masyarakat. Dengan adanya peran Polri maka setidaknya dapat menekan kelangsungan hidup dan ekosistem sumber daya alam serta kelestarian lingkungan hidup dari kerusakan baik yang sementara maupun yang permanen guna mewujudkan kelangsungan pembangunan nasional yang berkelanjutan. Dalam mewujudkan kemauan bersama untuk melakukan “Save Our Planet and Green Growth” dengan pendekatan “Think Globally and Act Locally” pada kehidupan bermasyarakat tentunya Polri dalam perannya menaggulangi sumber daya alam dan kelestarian lingkungan hidup membutuhkan peran serta dari masyarakat disamping itu perlunya sinergitas dengan instansi samping dalam memperlancar pelaksanaan tugasnya. Polri tidak bisa berjalan sendiri karena ini juga merupakan tanggung jawab bersama.

Dalam perannya polri dalam penanggulangan sumber daya alam dan kelestarian lingkungan, Polri juga dihadapkan dengan faktor-faktor yang menjadi kendala dalam pelaksanaan tugasnya dengan keterbatasan yang ada. Perlunya dukungan public dan media juga bisa membantu Polri dalam mengaktualisasikan perannya sehingga mewujudkan kelangsungan pembangunan nasional yang berkelanjutan.

Dalam setiap aktivitas pembangunan harus dapat dikembangkan koordinasi kerja dan jaringan kemitraan dalam upaya pelestarian lingkungan, seperti untuk penerapa kebijakan Sertifikasi Pengelolaan Hutan Berkelanjutan, Program Ekolabel, Pengendalian Kebakaran Hutan, maupun Pencegahan Industri Kotor, Lumpur dan Limbah Import. Selain itu juga untuk memanfaatkan “Global Environmental Facilities” maupun hal-hal yang serupa dalam aktivitas pembangunannya.

 

penulis    : Fallas Fictoven

editor      : Firman Edi

publisher : Nora