• Thu. Oct 10th, 2024

PID Polda Kepri

Pengelola Informasi & Dokumentasi Polri

DAMPAK SOSIAL MEDIA BAGI PENDIDIKAN

ByNora listiawati

Jan 12, 2024

https://pid.kepri.polri.go.id – Pengaruh Media Sosial Terhadap Pendidikan Bisa Sangat Signifikan, Baik Secara Positif Maupun Negatif. Di Sisi Positif, Media Sosial Dapat Menjadi Sumber Informasi Yang Kaya, Memungkinkan Akses Cepat Ke Berbagai Topik Dan Materi Pendidikan. Siswa Dan Pendidik Dapat Mengakses Video Pembelajaran, Artikel, Diskusi Kelompok, Dan Sumber Daya Pendidikan Lainnya Dengan Mudah.

Selain Itu, Media Sosial Juga Dapat Memfasilitasi Kolaborasi Antara Siswa Dan Guru, Serta Antara Sesama Siswa. Platform Seperti Grup Facebook, Forum Diskusi, Atau Aplikasi Berbagi Dokumen Dapat Digunakan Untuk Berdiskusi, Berbagi Ide, Dan Belajar Secara Bersama-Sama Di Luar Lingkungan Kelas.

Namun, Ada Juga Dampak Negatif Yang Perlu Diperhatikan. Misalnya, Media Sosial Dapat Menjadi Sumber Distraksi Bagi Siswa. Ketersediaan Konten Yang Tidak Relevan Atau Tidak Mendidik, Serta Gangguan Dari Notifikasi Dan Interaksi Sosial, Dapat Mengganggu Fokus Belajar Siswa.

Selain Itu, Media Sosial Juga Dapat Memunculkan Isu-Isu Seperti Intimidasi Dan Cyberbullying. Siswa Dapat Menjadi Korban Pelecehan Online Atau Tekanan Sosial Yang Disebabkan Oleh Interaksi Negatif Di Platform Media Sosial. Hal Ini Dapat Berdampak Negatif Pada Kesejahteraan Mental Dan Emosional Siswa, Serta Kinerja Akademik Mereka.

Dalam Konteks Pendidikan Formal, Guru Dan Sekolah Perlu Memainkan Peran Aktif Dalam Mengelola Penggunaan Media Sosial Di Antara Siswa. Ini Termasuk Memberikan Arahan Tentang Penggunaan Yang Bijak Dan Bertanggung Jawab, Serta Memberikan Pendidikan Tentang Keamanan Online Dan Etika Digital. Selain Itu, Mengintegrasikan Media Sosial Ke Dalam Strategi Pembelajaran Juga Bisa Menjadi Solusi, Dengan Memanfaatkannya Sebagai Alat Untuk Memfasilitasi Diskusi, Kolaborasi, Dan Pembelajaran Yang Interaktif.

Tidak Bisa Dipungkiri Bahwa Saat Ini Pengaruh Media Baik Media Online  Maupun Media Sosial Sangat Signifikan Terhadap Dunia Pendidikan. Kemudahan Informasi Yang Didapat, Menimbulkan Kelemahan Tersendiri, Salah Satunya Menurunnya Tingkat Literasi Siswa Terhadap Buku Maupun Teks Cetak Lainnya, Yang Menjadi Sumber Autentik Dan Ilmiah.

Dalam Dunia Pendidikan Media Sosial Maupun Online Memberi Pengaruh Yang Cukup Besar Terhadap Proses Belajar. Media Sosial Bisa Memberikan Pengaruh Positif Terdapat Dunia Pendidikan. Sebab Akan Memudahkan Para Siswa Untuk Mengumpulkan Informasi, Menambah Pengetahuan Dan Membuka Wawasan Agar Bisa Berinteraksi Dengan Orang Lain, Membantu Para Siswa Untuk Melek Terhadap Perkembangan Teknologi, Membuat Para Siswa Untuk Kreatif Dan Terampil Dengan Melihat Video-Video Yang Ada Di Medsos Dan Sebagianya.

Peran Guru Dan Orang Tua Terhadap Pengaruh Media Social Maupun Media Online Dalam Dunia Pendidikan Sangatlah Penting Untuk Membantu Para Siswa Atau Anak Agar Mereka Bisa Menggunakan Medsos Secara Bijaksana Dan Bertanggungjawab. Sehingga Mereka Bisa Mengunakan Medsos Sesuai Dengan Fungsi Atau Menggunakan Medsos Untuk Hal-Hal Yang Membantu Mereka Dalam Menimbah Ilmu Dan Membuka Wasasan Yang Luas Tentang Suatu Masalah Yang Terjadi Di Sekitar Mereka. Kemudian Untuk Menghindari Kecanduan Medsos, Salah Satu Cara Yang Harus Dilakukan Adalah Membuat Jadwal Bagi Anak-Anak Untuk Menggunakan Media Sosial Maupun Media Online Secara Proporsional Agar Mereka Tidak Merasa Tergantung Pada Medsos.

Sumber : https://smpit-harapanbunda.sch.id/
Penulis  : Fallas Fictoven
Editor    : Firman Edi
Publisher : Josua Aritonang