• Sun. Oct 6th, 2024

PID Polda Kepri

Pengelola Informasi & Dokumentasi Polri

Cara Mendapatkan Motivasi Hidup

ByNora listiawati

Nov 2, 2022

pid.kepri.polri.go.id- Setiap orang pasti ingin mengubah atau meraih setidaknya satu hal dalam hidup mereka. Tapi, seperti yang kita sadari, menemukan motivasi hidup hanya untuk memulai hal baru itu sulit.

Motivasi hidup bisa menjadi hal yang simple, tapi rumit secara bersamaan. Di satu waktu, kita mudah banget termotivasi di waktu-waktu yang nggak terduga. Namun, di lain waktu, rasanya impossible untuk memotivasi diri sendiri dan keluar dari lingkaran penunda-nundaan.

Dikutip dari KBBI, motivasi adalah dorongan yang timbul pada diri seseorang secara sadar atau tidak sadar untuk melakukan suatu tindakan dengan tujuan tertentu.

Penting bagi kita untuk memiliki motivasi diri. Motivasi diri adalah kemampuan untuk mendorong diri sendiri untuk mengambil inisiatif atau melakukan tindakan demi meraih suatu tujuan. Dorongan ini datang dari dalam diri kita sendiri, dan bukan datang dari luar atau orang lain.

Sangat penting untuk memiliki support system yang siaga ketika motivasi menurun dan merasa kewalahan. Pilih orang yang kamu rasa nyaman untuk kamu ajak bicara, dan yang dapat membantu memberikan dorongan semangat.

Berikut ini tips mendapatkan motivasi hidup dari keluarga, teman, dan orang lain:

  • Temukan mentor, misalnya, seseorang yang kamu hormati yang berpengalaman dalam kebiasaan yang ingin kamu ubah.
  • Bergabung dengan kelompok sosial atau pendukung dengan minat yang sama.
  • Kelilingi diri dengan orang-orang yang positif. Ini juga membantu mengelola gejala depresi dan kecemasan.
  • Menjadi sukarelawan. Membantu seseorang yang membutuhkan akan membantu meningkatkan mood.

Itulah beberapa cara meningkatkan motivasi hidup yang bisa kamu coba. Jika cara-cara tersebut tidak membuahkan hasil, jangan ragu untuk minta bantuan halinya. Agar mudah, download Halodoc saja untuk membuat janji rumah sakit dengan psikolog, guna membicarakan masalahmu.

sumber: satupersen.net, halodoc.com

Penulis : Adrian Boby

Editor : Nora Listiawati

Publisher : Adrian Boby