• Sun. Oct 6th, 2024

PID Polda Kepri

Pengelola Informasi & Dokumentasi Polri

Cara Menyelamatkan Diri dari Kapal Tenggelam

ByNora listiawati

Oct 28, 2022

pid.kepri.polri.go.id- Berikut adalah beberapa hal yang perlu kamu ketahui saat menyelamatkan diri dari kapal yang tenggelam.

1. Dengarkan Panduan Keselamatan Sebelum Berangkat.

Panduan keselamatan biasanya diperlihatkan kepada penumpang sebelum kapal berangkat. biasanya dilakukan dengan peragaan dari awak kapal atau menggunakan video rekaman yang diputar di layar tv yang berada di kapal. selain itu juga biasanya sudah ada beberapa flyer atau brosur berupa panduan keselamatan yang perlu diketahui oleh penumpang kapal.

2. Ketahui Lokasi Jaket Pelampung Atau Jaket Keselamatan.

Meskipun sepele ada baiknya mengenakan jaket pelampung pada saat naik kapal jika durasi penyeberangan kurang dari 3 jam. Dengan begitu, pada saat terjadi musibah, kamu tidak perlu lagi mencari pelampung bahkan berebut dengan orang lain.

3. Pahami Denah Kapal.

Saat menaiki kapal dengan ukuran yang lebih besar, pahami denah kapal dan ruang-ruang penting di dalam kapal. pahami juga letak sekoci dan letak penumpang berkumpul pada saat terjadi kondisi darurat.

4. Tinggalkan Barang Yang Tidak Perlu.

Pada saat terjadi musibah, jangan pernah berpikir untuk menyelamatkan barang berharga. pikirkan nyawa sendiri dan juga keselamatan keluarga yang ikut bersama. pastikan bahwa mereka semua mendapatkan jaket keselamatan masing-masing dan menggunakannya dengan baik.

5. Ikuti Instruksi Awak Kapal Dan Tetap Bersikap Tenang.

Jangan bersikap acuh dan merasa bisa menjadi pahlawan. ikuti instruksi awak kapal yang lebih memahami situasi darurat pada saat kapal tenggelam.

6. Anak – Anak Dan Perempuan Mendapat Prioritas Untuk Menaiki Sekoci.

Pahami undang-undang yang mengatur bahwa penumpang yang mendapatkan prioritas untuk berada di sekoci adalah anak-anak dan kaum perempuan. berikan prioritas keselamatan pada anak dan ibu yang benar-benar membutuhkan bantuan dalam kondisi kritis.

7. Bertahan Selama Mungkin Di Permukaan Air Sampai Bantuan Datang.

Usahakan untuk bertahan selama mungkin dengan menggunakan alat keselamatan yang ada selama mungkin sampai menunggu bantuan datang.

8. Gunakan Teknik Mengapung Atau Alat Lain Jika Tidak Mendapatkan Jaket Pelampung.

Hemat tenaga dan berlatihlah dari sekarang untuk mempelajari teknik mengapung secara terlentang tanpa jaket pelampung jika kamu belum bisa berenang. teknik mengapung bisa dipelajari dan terbukti sukses menyelamatkan banyak orang yang tidak pandai berenang sekalipun.

sumber : hukumonline.com
Penulis : Firman Edi
Editor : Nora Listiawati
Publish : Alex