• Thu. Oct 10th, 2024

PID Polda Kepri

Pengelola Informasi & Dokumentasi Polri

Sikap Cinta Tanah Air (Bag 2)

ByNora listiawati

Apr 26, 2022

kepri.polri.go.id- berikut lanjutan dari contoh sikap cinta tanah air yang bisa kita lakukan dalam kegiatan sehari – hari.

undang dan pancasila. Seperti yang kita tahu, Indonesia memiliki Makna Pancasila Sebagai Ideologi Negara Indonesia dan Pokok Pikiran dalam Pembukaan UUD 1945.

  • Aktif berpartisipasi dalam pembangunan nasional

Seperti yang disebutkan dalam undang – undang, setiap warga negara berhak ikut berpartisipasi dalam pembangunan nasional. Pembangunan nasional tidak akan mencapai Pengertian, Fungsi, dan Tujuan Pembangunan Nasional apabila tidak dilakukan oleh semua elemen negara termasuk pemerintah dan rakyat. Oleh kerna itu, sebagai rakyat Indonesia kita harus ikut berpartisipasi dalam pembanguan nasional sebagai wujud dari contoh sikap cinta tanah air.

Banyak hal yang dapat dilakukan untuk berpartisipasi dalam pembangunan, tergantung peran masing-masing. Sebagai contoh, pelajar bisa ikut aktif dalam pembangunan nasional dengan terus tekun belajar menggapai cita – cita yang kelak bermanfaat bagi orang banyak. Selain itu, para pekerja bisa ikut aktif berpartisipasi dengan bekerja membangun perekonomian negara, dan tidak lupa juga semua warga negara harus taaat dalam membayar pajak. Itulah contoh Peran Warga Negara Indonesia dalam Proses Pembangunan.

  • Melestarikan kebudayaan Indonesia

Indonesia adalah bangsa yang kaya akan budaya. Akan tetapi, bangsa Indonesia juga selalu digempur oleh masuknya budaya – budaya dari bangsa asing. Gempuran tersebut bukan tidak mungkin menyebabkan hilangnya kebudayaan bangsa kita. Hal itu bisa sangat mudah terjadi saat rakyat bangsa Indonesia lebih menyukai budaya bangsa asing dan melupakan budaya bangsa sendiri. Kita tidak dilarang untuk ikut menyukai budaya bangsa asing. Selama hal tersebut tidak berlebohan dan tidak menggeser nilai – nilai budaya lokal Indonesia. kita juga sebenarnya bisa mengambil nilai positif dari kebudayaan bangsa lain demi perbaikan bangsa kita, selama itu sesuai untuk diterapkan.

  • Menciptakan kerukunan antar umat beragama

Indonesia adalah negara yang terbentuk di tengah keberagaman. Salah satunya, Indonesia mempunyai agama yang berbeda-beda. Persatuan dan kesatuan bangsa tidak akan terjadi tanpa ada tenggang rasa atau kerukunan antar umat beragama sebagai wujud dari contoh sikap cinta tanah air..(dikutip dari beberapa sumber artikel terkait cinta tanah air).

Penulis : Adrian Boby
Editor : Nora Listiawati
Publish : Alex