• Mon. Oct 7th, 2024

PID Polda Kepri

Pengelola Informasi & Dokumentasi Polri

Kunci Sukses dalam Karir

ByNora listiawati

Apr 6, 2022

kepri.polri.go.id-

kepri.polri.go.id- Kunci Sukses dalam kakrir bukan hanya masalah keberuntungan. Namun ada berbagai strategi atau perencanaan yang dapat Anda lakukan. Salah satunya adalah memiliki kemampuan strategi yang bisa meningkatkan peluang Anda untuk sukses dalam karir yang telah Anda pilih. Nah, mau tahu apa sajakah langkah-langkah itu? Berikut adalah beberapa langkah untuk membantu Anda menggapai kesuksesan dalam berkarir.

  1. Planning

Menetapkan tujuan saja tidaklah cukup. Namun Anda juga perlu memastikan bahwa Anda merencanakan langkah-langkah spesifik yang dapat Anda ambil untuk dapat mencapai tujuan serta sumber daya yang Anda butuhkan dan semua keterampilan yang Anda butuhkan untuk belajar agar dapat mencapai tujuan Anda.

  1. Ketekunan

Kerja keras adalah salah satu kunci kesuksesan. Anda mungkin memiliki bakat dan keterampilan, tetapi jika Anda tidak mau untuk bekerja keras, Anda tidak akan berhasil. Ingatlah bahwa tidak ada yang mudah di dunia ini. Anda harus total dalam meraih keberhasilan dalam kehidupan dan karir.

  1. Optimisme

Untuk meraih kesuksesan, Anda harus memiliki rasa optimisme yang tinggi. Jangan mudah menyerah pada kegagalan dan kekecewaan yang menyerang Anda bertubi-tubi. Disaat Anda down, cepatlah bangkit dan evaluasi kesalahan Anda sehingga bisa menentukan tindakan atau langkah selanjutnya.

  1. Sikap menghormati

Menghargai hasil karya orang lain merupakan salah satu upaya dalam membangun keserasian dan kerukunan sosial antar sesama rekan kerja. Ingatlah bahwa menumbuhkan sikap menghargai karya orang lain dan menghormati merupakan sikap terpuji yang akan Kamu “panen” di kemudian hari. Hormatilah orang lain sebagaimana Kamu ingin dihormati.

  1. Belajar

Jangan menutup diri terhadap hal-hal baru. Berfikirlah terbuka dan merdeka untuk menerima keterampilan dan pengetahuan baru. Disaat Anda gagal, Anda akan belajar dari kegagalan Anda.

Itulah tahap-tahap untuk meraih kesuksesan dalam karir. Intinya, Anda harus memahami bahwa selalu ada resiko yang terlibat dalam hidup maupun dalam berkarir. Belajarlah untuk mengambil resiko saat ini maupun nanti, karena resiko selalu beriringan dengan peluang untuk sukses dalam berkarir dan kehidupan.(dikutip dari beberapa artikel terkait kunci sukses berkarir).

Penulis : Firman Edi
Editor   : Nora Listiawati
Publish : Firman Edi