• Mon. Oct 7th, 2024

PID Polda Kepri

Pengelola Informasi & Dokumentasi Polri

Jadilah Pengendara yang Baik dan Benar

Bysusi susi

Apr 1, 2022

Tribratanews.kepri.polri.go.id – Mengemudikan kendaraan tidak boleh seenaknya si pengemudi. Mengemudikan suatu kendaraan harus dengan hati – hati, mengikuti aturan yang berlaku, dll. Sehingga nantinya keselamatan yang anda inginkan bisa anda dapatkan. 5 Tips Mengemudi Yang Baik dan Benar Yang Harus Diperhatikan Baik – Baik agar bisa anda lakukakn untuk menjadga keselamatan anda.

Keselamatan mengemudi harus anda utamakan daripada yang lain. Saat anda terburu – buru pun anda harus hati – hati dan mengikuti aturan Lalu Lintas yang ada. Dengan begitu anda bisa sampai tujuan dengan selamat. Apa yang anda tujukan bisa didapat dengan selamat.

5 Tips Mengemudi Yang Baik dan Benar Yang Harus Diperhatikan Baik – Baik:

  1. Posisi Duduk

Posisi duduk saat mengemudikan mobil sangat mempengaruhi anda saat perjalanann jauh. Posisi duduk yang benar seperti saat anda duduk, duduk anda harus tegap dan bersandar. Saat bersandar pun anda harus mengenakan sabuk pengaman yang ada. Apabila anda menggunakan sabuk pengaman saat tiba – tiba anda mengalami kecelakaan kecil misalnya, menabrak kendaraan lain didepan sabuk pengaman ini bisa mengurangi resiko kecelakaan anda.

  1. Fokus Saat Mengemudi

Anda saat maengemudi saat tidak dianjurkan untuk melakukan hal lain selain fokud mengemudi. Kebanyakan dari selain mengemudi sambil melakukan aktifitas lain yang kecil – kecil. Seperti : Merokok, Minum, main HP, mengedengarkan musik, dan kesibukan lainnya. Hal inilah walaupun terbilang ekcil namun juga memiliki resiko tinggi terhadap keselamatan anda.

  1. Jaga Jarak Dengan Kendaraan Lain

Menjaga jarak dengan kendaran juga harus anda perhatikan saat mengemudi.  apabila sewaktu – waktu ad ganguan didepan anda, anda bisa menghindari terjadinya tubrukan dengan kendaraaan lain. Kurang lebih jarak aman jaga jarak dengan kendaraan lain adalah 1.5 meter sampai 2 meter. Jaga jarak ini hanya dikhhususkan di jalan yang terjadi kemacetan parah.

  1. Tidak Mudah Lalai

Kecelakaan bisa disebabkan karena kelalaian si pengendara. Anda yang berkendara harus konsentrasi menhindari gangguan kecil sebsa mungkin. Kelalaian tidak hanya saat berkendara kelalaian bisa saja disebabkan karena kelalaian dalam melakukan control terlebih dahulu terhadap kendaraan yang akan dipakai. Seperti kecelakaan yang disebabkan rem blong bisa disebabkan karena kelalian dalam mengontrol kendaraan.

  1. Menghormati Pengguna Jalan Lain

Egois sering muncul saat kita mengemudikan kendaraan kita. Tapi keegoisan inilah yang juga memicu terhadap terjadinya kecelakaan. Selain tata tertib yang harus kita patuhi, pengguna jalan lain juga harus anda hormati. Saling menghormati selain bisa menjaga kerukunan juga bisa dilakukan untk menjaga keselamatan anda saat mengemudi.

 

Penulis : Joni Kasim

Editor    : Nora Listiawati

Publish : Fredy Ady Pratama