• Mon. Oct 7th, 2024

PID Polda Kepri

Pengelola Informasi & Dokumentasi Polri

Jauhkan Dirimu Dari Narkoba

ByNora listiawati

Apr 6, 2022

kepri.polri.go.id- “Say No To Drugs”  kata-kata itu yang selalu kita dengar dalam setiap kampanye pemerintah dalam memerangi narkoba.  Narkoba bukan hanya musuh bagi pemerintah tetapi menjadi musuh kita semua. Bahaya narkoba khususnya para remaja pada saat ini sangat memprihatinkan. Meskipun banyak pengedar yang sudah tertangkap, tetapi peredaran narkoba ibarat gunung es yang besar namun tak terlihat. Oleh karena itu sangat sulit untuk ditanggulangi. Meskipun begitu kita harus berusaha untuk menjauhi barang haram tersebut. Bagaimana cara menghindari narkoba? Berikut beberapa tips cara menghindari narkoba.

  1. Perdalam Ilmu Agama.

Selain merusak kesehatan, narkoba adalah barang haram yang tidak dilarang oleh agama. Dengan memperdalam ilmu agama dapat lebih mendekatkan diri kepada Tuhan dan dijauhkan dari narkoba.

  1. Selektif Dalam Bergaul

Teman merupakan cerminan diri kita, jadi siapa diri kita tergantung dengan siapa kita bergaul. Untuk itu carilah teman yang positif,  dengan begitu kita akan terbawa untuk selalu berfikir positif.

  1. Hindari Tempat-Tempat Hiburan Malam

Hiburan malam seperti diskotik rawan dijadikan tempat transaksi narkoba, untuk itu sebisa mungkin untuk menghindari tempat-tempat semacam itu.

  1. Mempunyai Kegiatan Positif

Gunakan waktu luang untuk kegiatan yang positif seperti olahraga, membaca, menulis dan sebagainya.  Kegiatan yang positif seperti ini bisa membatasi pergaulan yang menjerumuskan ke hal-hal negatif seperti narkoba.

  1. Jangan Pernah Mencoba Narkoba

Buang jauh-jauh pikiran untuk mencoba mencicipi narkoba.  Sebagian besar penggunanya berawal dari rasa penasaran dan coba-coba. Narkoba mengandung zat yang membikin penggunanya kecanduan.

  1. Jangan Lari dari Masalah

Selesaikan apapun masalah dengan pikiran yang jernih dan bijak.  Jangan pernah untuk lari dari masalah,  karena dengan anda lari dari masalah hal-hal buruk seperti narkoba akan dengan mudah masuk ke dalam kehidupan anda.

  1. Selalu Ingat Dampak Buruk Menggunakan Narkoba

Narkoba selain merusak kesehatan baik secara fisik maupun mental, penyalagunaannya termasuk tindakan kriminal.  Apapun  jenis dan bentuknya mengkonsumsi serta mengedarkan narkoba adalah tindakan  yang melanggar hukum.

Itulah tadi 7 tips cara menghindari narkoba. Lebih baik mencegah daripada mengobati, sebelum terjerumus  dalam jeratan narkoba, alangkah baiknya jika menghindarinya.  Semoga anda selalu terbebas dari narkoba.(dikutip dari beberapa artikel terkait bahaya narkoba)

Penulis : Adrian Boby

Editor : Nora Listiawati

Publisher : Adrian Boby