• Sun. Oct 6th, 2024

PID Polda Kepri

Pengelola Informasi & Dokumentasi Polri

Komitmen Amankan Pilkada 2024, Polresta Barelang Laksanakan Deklarasi Pilkada Damai 2024

Polresta Barelang – Dalam rangka menjaga stabilitas kamtibmas Pilkada Serentak 2024 di Kota Batam, Polresta Barelang melaksanakan Deklarasi Pilkada Damai Tahun 2024 di Beverly Hotel Kec. Lubuk Baja Kota Batam, Selasa (24/09/2024).

Acara itu dihadiri oleh Kapolresta Barelang Kombes Pol H. Ompusunggu, SIK, MSi, Forkopimda Kota Batam, Ketua Bawaslu Kota Batam, Ketua KPU Kota Batam, Kedua pasangan calon walikota Batam, serta Tokoh Agam, Tokoh Adat, dan Tokoh Masyarakat, Serta Ketua Partai Politik Kota Batam.

Dalam sambutannya Kapolresta Barelang Kombes Pol H. Ompusunggu, SIK, MSi mengatakan saat ini kita sedang menjalani tahapan Pilkada 2024 untuk pemilihan Walikota – Wakil Walikota Batam.

Sekarang kita sama – sama juga akan menghadapi pemilihan kepala daerah (pilkada) yang akan Diselenggarakan pada tanggal 27 november 2024. Bahwa kalah atau menang dalam pemilihan adalah bagian dari kompetisi, jangan melakukan cara yang merugikan prinsip demokrasi, serta penyebaran berita palsu (hoax) dan politik identitas (suku,agama dan ras antar golongan).

Dalam Deklarasi ini Kami mengajak semua pihak untuk bersatu dalam menjaga stabilitas kamtibmas, mengingat keberhasilan pemilu 2024 di wilayah kota batam berlangsung dengan aman dan damai.

“Melalui Deklarasi Pilkada Damai ini, mari jaga kerukunan dan persatuan, meskipun masyarakat memiliki pilihan yang berbeda.

“Saya mengapresiasi jajaran forkopimda, tokoh – tokoh agama, adat dan masyarakat hingga pemangku kepentingan ataupun stakeholder yang mau ikut berkomitmen untuk mensukseskan pilkada 2024 di kota batam.” Kesuksesan pilkada serentak tidak telepas dari peran dan Komitmen Semua Pemangku Kepentingan, mulai dari Penyelenggara pilkada, pengawas pilkada, partai politik, Forkopimda, masyarakat madani (civil society), dan tentunya warga sebagai aktor utama demokrasi kita.

Deklarasi ini bukan seremonial dan formalitas, namun pengikat untuk mewujudkan pilkada serentak yang demokratis, jurdil, aman, damai dan kondusif, serta berkualitas.

Ada 4 hal yang menjadi konsentrasi utama pada deklarasi pilkada Damai yaitu yang pertama Mendukung dan membantu jajaran TNI / Polri dalam rangka keamanan serta menyukseskan gelaran pilkada serentak 2024 di wilayah kota batam, yang kedua menjaga persatuan dan kesatuan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Kemudian yang ketiga menolak segala bentuk upaya provokasi yang dapat memecah belah persaudaraan serta tindakan yang menciderai pesta demokrasi. Dan yang terakir mari bersama-sama menangkal berita hoaks dan ujaran kebencian yang dapat menggangu jalannya pilkada serentak 2024 di wilayah Kota Batam.

“Kami berharap agar setiap elemen menyampaikan semangat demokrasi dan membawa pesan deklarasi pilkada damai untuk menjadi motifasi bagi kita bersama dalam menciptakan suasana yang kondusif. Tutup Kapolresta Barelang Kombes Pol H. Ompusunggu, SIK, MSi.