• Sun. Oct 6th, 2024

PID Polda Kepri

Pengelola Informasi & Dokumentasi Polri

Nilai Moral, Mental, dan Spiritual

ByNora listiawati

Nov 1, 2023

pid.kepri.polri.go.id- Pengertian moral adalah sebuah tata laku atau perbuatan yang berasal dari kesadaran individu atau diri sendiri dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan masyarakat. Moral ini selain berdampak pada individu, namun juga sangat memungkinkan berdampak kepada orang lain. Moral yang baik atau buruk, tergantung pada nurani dan budi pekerti yang dimiliki oleh masing-masing individu. Karena setiap orang memiliki pemahaman dan penerapan budi pekerti yang berbeda-beda, maka moral setiap orang juga berbeda-beda. Penilaian tentang baik atau buruknya moral seseorang ini akan berdampak langsung kepada sebuah kelompok / organisasi, dan masyarakat.

Contohnya adalah ketika seseorang dikatakan tidak bermoral, dia akan melakukan hal-hal buruk yang dapat merugikan masyarakat misalnya melakukan pelecehan, pembunuhan, pencurian, tidak menghormati orang yang lebih tua, dan lain sebagainya. Kembali lagi yang akan menilai suatu tindakan itu bermoral atau tidak adalah orang lain atau masyarakat. Sehingga moral adalah suatu tindakan dan interaksi yang dilakukan seseorang dimana  tindakan tersebut akan dinilai apakah dapat diterima atau tidak dengan norma dan budaya yang berlaku di masyarakat.

Beberapa waktu yang lalu,  ramai diperbincangkan kasus tewasnya salah satu pelajar SMA di Bogor yang menjadi korban aksi duel ala gladiator para pelajar. Dalam kasus itu orangtua mempunyai peranan penting untuk memberikan pengawasan lebih kepada anak-anaknya, utamanya pada para remaja yang masih mencari jati diri dan ingin mendapatkan pengakuan dari orang lain.

Semestinya kita harus menyadari pentingnya mengawasi anak dari sejak usia dini. Apalagi, saat ini permainan (game) gadget yang berisi game kekerasan banyak beredar. Salah satunya game peperangan yang akan berpotensi membentuk karakter seorang anak yang keras.

Untuk itu, pendidikan sejak usia dini ini sangat berperan untuk menanamkan nilai-nilai moral yang akan membentuk karakter anak selain itu mental, dan spiritual juga agar anak berakhlak mulia dan berbudi luhur.

sumber : medicom.id

Penulis     : Juliadi W.

Editor       : Firman Edi

Publisher : Fredy A.P.