• Sun. Oct 6th, 2024

PID Polda Kepri

Pengelola Informasi & Dokumentasi Polri

Temuan Benda Aneh Yang Diduga Drone, Gegerkan Warga Desa Kelong Kec. Bintan Pesisir

ByPolres Bintan

Mar 24, 2019

Warga Desa Kelong Kec. Bintan Pesisir sempat dibuat geger dengan penemuan benda yang diduga pesawat drone di perairan Pulau Tenggel Desa Kelong Kec. Bintan Pesisir, hari Sabtu (23/03/2019).

Benda aneh yang ditemukan tersebut dengan bentuk fisik seperti peluru kendali, memiliki sayap dan sirip ekor serta batang antena pada bagian belakangnya.

Menurut keterangan Sdr. Yudi, 50 tahun, saksi yang menemukan benda tersebut dan sehari-hari bekerja sebagai aparatur sipil negara Pemkab Bintan, pada pukul 07.30 Wib saksi melihat benda dimaksud mengapung di perairan sekitaran tempat tinggalnya. Karena merasa curiga saksi mengamati dari dekat dan terlihat benda yang mencurigakan itu memiliki bentuk seperti peluru kendali.

Guna menghindari hal yang tidak diinginkan, akhirnya Sdr. Yudi menghubungi Polsek Bintan Timur dan tidak berselang lama Kapolsek Bintan Timur AKP Muchlis Nadjar, SH, SIK beserta anggota mendatangi TKP dan memasang garis polisi.

Setelah dilakukan sterilisasi dan pengamatan fisik terhadap benda yang dicurigai tersebut akhirnya disimpulkan bahwa benda dimaksud berupa pesawat drone dengan panjang ± 2 meter dan berwarna merah hati. Sementara pada badan pesawat tertera kalimat dalam aksara China dan setelah ditranslate kedalam bahasa Inggris bermakna China Shenyang Institute of Automation Chinese Academy of Sciences.

Selanjutnya pesawat drone temuan masyarakat dibawa dan diamankan ke Polsek Bintan Timur. Kapolres Bintan AKBP Boy Herlambang, SIK, M.Si melalui Kapolsek Bintan Timur mengatakan temuan benda aneh mirip peluru kendali telah membuat geger warga masyarakat Desa Kelong sehingga Polri telah bergerak cepat menindaklanjuti laporan masyarakat guna mengantisipasi hal yang tidak diinginkan.

“Kami dari Polres Bintan mengucapkan terima kasih kepada warga masyarakat Desa Kelong yang tanggap atas penemuan benda yang mencurigakan dan melaporkannya kepada pihak Kepolisian, hal ini menunjukkan bahwa antara Polri khususnya Polres Bintan dengan masyarakat telah terjalin hubungan yang baik dan selalu bersinergi dalam menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif” ungkap AKP Muchlis Nadjar.