• Sun. Oct 6th, 2024

PID Polda Kepri

Pengelola Informasi & Dokumentasi Polri

Divisi Propam Polri Laksanakan Kegiatan Gaktibplin di Polres Bintan

ByPolres Bintan

Mar 13, 2019

Kegiatan Penegakan Ketertiban dan Disiplin (Gaktibplin) oleh Tim Divisi Propam Polri dilaksanakan di Polres Bintan, hari Rabu (13/03/2019). Kegiatan ini digelar dalam rangka pemeriksaan sikap tampang atau performance, keseragaman penggunaan pakaian dinas Polri, kelengkapan identitas diri antara lain KTA, KTP, dan SIM serta pengecekan urine personil Polri dalam rangka mencegah penyalahgunaan narkoba.

Kedatangan Tim Gaktibplin Divisi Propam Polri dipimpin oleh Kombes Pol Drs. Agung Setiatno selaku Kabag Gaktibplin Biro Provos Divisi Propam Polri dengan mengikutsertakan AKBP dr. Wasis dan AKBP Suprationo dari Pusdokkes Polri serta sejumlah personil dari Divisi Propam Polri dan Bid Propam Polda Kepri, sementara dalam pelaksanaannya didampingi oleh Kapolres Bintan yang diwakili Wakapolres Bintan Kompol Dandung Putut Wibowo, SIK, MH.

“Kedatangan Tim Gaktibplin Divisi Propam Polri ini dalam rangka melakukan pemeriksaan sikap tampang atau performance, keseragaman penggunaan pakaian dinas Polri serta kelengkapan identitas diri antara lain KTA, KTP, dan SIM” ungkap Kabag Gaktibplin Kombes Pol Agung.

Untuk mendukung kegiatan tersebut Polres Bintan menghadirkan seluruh personilnya terdiri dari Pejabat Utama, Kapolsek jajaran Polres Bintan, personil berpakaian dinas seperti Satuan Samapta, Satuan Polair, Satuan Lalu Lintas, Bhabinkamtibmas dan unsur Staf Mapolres serta personil yang menggunakan pakaian non uniform yakni dari Satuan Intelkam, Reskrim dan Narkoba.

Dikatakan Kombes Pol Agung, kegiatan Gaktibplin yang dipimpinnya ini tidak hanya dilakukan terhadap personil Polres Bintan saja, namun juga pihaknya melakukan pemeriksaan yang sama terhadap personil Polres lain di jajaran Polda Kepulauan Riau.

Sebelum dilakukan pemeriksaan, seluruh personil Polres Bintan melaksanakan apel di halaman Mapolres, kemudian Tim Divisi Propam Polri bersama personil Bid Propam Polda Kepri melakukan kegiatan berupa pemeriksaan sikap tampang, keseragaman penggunaan pakaian dinas Polri dan kelengkapan identitas diri antara lain KTA, KTP, dan SIM.

Sejumlah personil Polres Bintan yang diketahui menyalahi aturan terkait dengan penampilan perorangan telah dilakukan penindakan dengan melakukan pemotongan rambut secara acak sebagai bentuk pembinaan disiplin serta memberikan teguran kepada personil yang tidak bisa menunjukkan Kartu Tanda Anggota Polri.

Selain memeriksa kelengkapan personil, Tim Divisi Propam Polri juga melakukan tes urine yang bertujuan untuk mencegah penyalahgunaan narkokita dikalangan Kepolisian. Kegiatan ini tidak hanya dilaksanakan  di tingkatan Bintara namun tes urine juga diikuti seluruh jajaran Perwira Polres Bintan. Hasil akhir dari pelaksanaan tes urine dinyatakan bahwa tidak di temukan adanya urine personil Polres Bintan yang mengandung zat Amphetamine dan zat Metahamphetamine.