• Sun. Oct 6th, 2024

PID Polda Kepri

Pengelola Informasi & Dokumentasi Polri

Kenali Gejala Penyakit Jantung

ByNora listiawati

Nov 4, 2022

pid.kepri.polri.go.id-  Jantung merupakan organ seukuran kepalan tangan yang berguna untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Organ ini adalah bagian utama dari sistem peredaran darah di dalam tubuh setiap orang.

Jantung berisi empat bagian utama yang terbuat dari otot dan digerakkan oleh impuls listrik. Otak dan sistem saraf adalah elemen membuat jantung berfungsi dengan normal.

Penyakit jantung adalah suatu kondisi yang memengaruhi jantung sehingga tidak berfungsi dengan normal. Istilah penyakit jantung juga kerap dikaitkan dengan penyakit kardiovaskular. Penyakit ini umumnya mengacu pada kondisi yang melibatkan penyempitan atau penyumbatan pembuluh darah yang dapat menyebabkan serangan jantung, nyeri dada (angina), atau stroke.

Umumnya, penyakit jantung perlu mendapatkan pemeriksaan segera agar dapat dilakukan penanganan guna mencegah terjadinya sesuatu yang membahayakan. Sebab, kondisi yang memengaruhi jantung dapat menyebabkan masalah yang besar dan bahkan kematian.

Ada banyak penyebab penyakit jantung tergantung faktor yang memicunya. Kalau penyakit jantung koroner, terjadi jika aliran darah ke jantung terhambat oleh adanya lemak.

Penimbunan lemak di dalam arteri jantung ini dikenal dengan aterosklerosis yang merupakan penyebab utama penyakit jantung koroner. Aterosklerosis bisa mengurangi suplai darah ke jantung serta menyebabkan terbentuknya penggumpalan darah.

Jika hal tersebut terjadi, aliran darah ke jantung akan terblokir sepenuhnya dan serangan jantung dapat terjadi. Faktor pemicunya meliputi kolesterol yang tinggi, merokok, diabetes, dan tekanan darah tinggi.

Terdapat beberapa faktor yang menjadi penyebab penyakit jantung, seperti:

  • Kebiasaan merokok.
  • Kadar kolesterol yang tinggi.
  • Pola hidup tidak terjaga.
  • Hipertensi atau tekanan darah tinggi meningkat.
  • Kelebihan berat badan.
  • Adanya penyakit diabetes.
  • Faktor usia dan jenis kelamin.

Beberapa kasus, penyakit jantung mungkin sulit terdeteksi dan tidak terdiagnosis hingga seseorang mengalami gejala yang berhubungan dengan gangguan ini. Beberapa masalah terkait jantung yang rentan terjadi adalah serangan jantung, gagal jantung, atau aritmia. Nah, beberapa gejala yang timbul, antara lain:

Serangan jantung: Nyeri atau ketidaknyamanan di dada, nyeri punggung atau leher bagian atas, gangguan pencernaan, perut mulas, mual atau muntah, alami kelelahan ekstrem, pusing, hingga sesak napas.

Aritmia: Perasaan yang berdebar-debar di dada (palpitasi).

Gagal Jantung: Sesak napas, kelelahan, hingga pembengkakan pada beberapa bagian tubuh, seperti kaki, pergelangan kaki, tungkai, perut, atau vena leher.

Sumber : halodoc.com

Penulis     : Adrian Boby

Editor      : Nora Listiawati

Publisher : Adrian Boby