• Wed. Oct 9th, 2024

PID Polda Kepri

Pengelola Informasi & Dokumentasi Polri

Apa Peran Kita sebagai Pendidik?

ByNora listiawati

Sep 29, 2022

kepri.polri.go.id Hal apa yang membuat kita bersemangat untuk pergi ke sekolah? Apakah karena wajah-wajah peserta didik yang menengadah memandang kita saat menerangkan di depan kelas? Apakah tak sabar menyaksikan kemajuan belajar salah satu peserta didik yang kemarin baru saja kita terangkan sampai berulang kali? Atau sangat ingin menunjukkan bahan ajar yang seru yang sudah kita siapkan untuk mereka?
Semangat kita mengajar akan merambat pada energi belajar peserta didik kita. Mungkin tidak pada hari itu saja, tapi juga seterusnya. Ketika mereka kelak menjadi dewasa, mungkin menjadi pemimpin masyarakat, mereka akan membawa semangat itu. Dengan peserta didik kita yang sekarang adalah generasi digital native. Fasih berselancar di internet, bisa mendapatkan pengetahuan, bahkan mempelajari keterampilan sesuai dengan kebutuhan belajar mereka.
Bagaimana kita perlu menyelaraskan peran sebagai pendidik yang relevan dengan konteks peserta didik dan zaman? Sebagai guru pasti kita ingin membekali peserta didik dengan pengetahuan, keterampilan, dan sikap untuk terus belajar, mendampingi mereka memahami dan mencapai tujuan belajar.
Menurut Ki Hadjar Dewantara “Memberi ilmu demi kecakapan hidup anak dalam usaha mempersiapkannya untuk segala kepentingan hidup manusia, baik dalam hidup bermasyarakat, maupun hidup berbudaya dalam arti seluas-luasnya”. Harapan kita kepada peserta didik kita boleh setinggi-tingginya karena mereka kelak akan menjadi dewasa, menjadi bagian atau bahkan memimpin masyarakat dan pada akhirnya akan membentuk kebudayaan kita di masa depan.
Ki Hadjar Dewantara menyamakan mendidik anak dengan mendidik rakyat. Menurut Ki Hadjar Dewantara kehidupan kita saat ini adalah buah dari pendidikan yang kita terima saat kita masih anak-anak. Begitu pula dengan anak-anak yang saat ini belajar bersama kita, kelak akan menjadi bagian dari masyarakat di masa depan. Mengingat bahwa peserta didik kita akan menjadi masyarakat masa depan.
Sebagai guru apa yang bisa kita lakukan untuk menghantarkan mereka menuju mimpi dan cita-cita mereka? Ketika kita menyadari banyak peserta didik dengan beragam impian, potensi, dan kebutuhan di kelas. Kita perlu menyesuaikan peran untuk menuntun perjalanan belajar mereka untuk pada akhirnya menemukan siapa diri mereka dan menghantarkan mereka menuju cita-citanya.
Dari uraian ini, kita menyadari bahwa peranan pendidik sangat besar. Hal apapun yang kita lakukan di dalam kelas dari segi memfasilitasi proses belajar, metode kerja kelompok atau hal sekecil ucapan, pujian atau cemoohan yang tidak sengaja terucap akan meninggalkan makna bagi mereka, yang kelak akan menjadi bagian dari masyarakat. Sejak merancang, memfasilitasi, hingga menilai proses pembelajaran. Kita sebagai guru mesti hadir secara utuh. Setiap hal kecil yang kita sampaikan di kelas akan berkontribusi pada kecakapan hidup anak saat dewasa. Semua yang kita rancang untuk disimak oleh peserta didik mesti bertujuan, sebab saat mengajar di dalam kelas kita sebenarnya sedang membentuk masyarakat, membentuk budaya masa depan lewat peserta didik kita. (sumber .kompasiana.com/agustanagustan)

penulis : firman edi
editor : Nora Listiawati
publisher : Roy Dwi Oktaviandi