• Tue. Oct 29th, 2024

PID Polda Kepri

Pengelola Informasi & Dokumentasi Polri

Jenjang Karier Kepolisian (Bag 3)

ByNora listiawati

Oct 26, 2022

pid.kepri.polri.go.id- Artikel ini merupakan lanjutan pembahasan artkel sebelumnya yang berjudul Jenjang Karier Kepolisian (Bag. 1 dan Bag.2). Untuk lebih lengkapnya berikut lanjutan pembahasannya.

Sarjana hukum bukan menjadi prioritas saat pendaftaran Polri, sebab semua Polri adalah praktisi hukum, dan banyak kesempatan/peluang setelah menjadi anggota Polri mendapat beasiswa untuk menempuh pendidikan hukum.

Cara masuk ke kepolisian harus masuk yang namanya DIKTUK (Pendidikan Pembentukan).

DIKTUK (Pendidikan Pembentukan) ini dibagi dua, yaitu AKPOL dan SPN.

DIKTUK (Pendidikan Pembentukan) ini membentuk karakter sipil menjadi semi militer. Hal ini sangat dibutuhkan sebab anggota Polri harus terbiasa menaati peraturan sebelum bisa menjadi penegak aturan, serta memahami sistem hierarki kepangkatan untuk kelak digunakan dalam menjalankan organisasi Polri.

 

Tidak semua orang mampu bekerja di bawah banyak aturan-aturan yang mengikat. Oleh karena itu perlu diseleksi, mana calon anggota Polri yang diperkirakan mampu melewati DIKTUK (Pendidikan Pembentukan) yang kemudian dilantik menjadi anggota Polri.

Oleh karena itu, seleksi masuk Polri terdiri dari beberapa tes, seperti:

  • Tes administrasi, (misalnya KTP, peserta yang tidak memiliki KTP mengindikasikan peserta tersebut tidak bisa mematuhi peraturan sederhana dalam masyarakat sipil yaitu administrasi kependudukan)
  • Tes kesehatan, (misalnya mengecek mata minus, minus yang berlebih berbahaya apabila diberikan senjata api)
  • Tes kesamaptaan (misalnya tes lari, peserta yang memiliki gangguan jantung akan mengalami kesulitan dalam berlari, yang kemungkinan besar akan kerepotan mengejar maling misalnya)
  • Tes psikologi (misalnya tes paulie, peserta yang memiliki emosi tidak stabil berpotensi tidak mampu mematuhi perintah atasan, dan mudah menggunakan kekuatan/senpi saat emosinya meningkat)
  • Tes Potensi Akademik (misalnya tes pengetahuan umum, peserta yang kecerdasannya terlalu rendah tidak akan mampu menyesuaikan diri dengan beban tugas, kelak akan kewalahan menjadi pembimbing masyarakat)

Setelah lulus, lama masa DIKTUK (Pendidikan Pembentukan) tergantung dimana dia mendaftar. Jika AKPOL (Akademi Kepolisian) 4 tahun, sedangkan SPN (Sekolah Polisi Negara) 7 bulan. Akademi Kepolisian atau sering disingkat Akpol adalah sebuah lembaga pendidikan untuk mencetak Perwira Polri. Akpol adalah unsur pelaksana pendidikan pembentukan Perwira Polri yang berada di bawah Lemdiklat Polri (Lembaga Pendidikan dan Latihan Polri) dan lama pendidikan adalah 4 tahun (8 Semester).

Penulis : Firman Edi

Editor     : Nora Listiawati

Publish : Alex