• Sun. Oct 6th, 2024

PID Polda Kepri

Pengelola Informasi & Dokumentasi Polri

POLRI DAN TANTANGAN TUGAS

Byadmin bidhumas

Nov 1, 2022

kepri.polri.go.id –Polri dalam melaksanakan tugas pokoknya harus ada payung hukum yakni Undang-undang No.2 Tahun 2002 dan dalam pasal-pasal yang ada di dalamnya telah mengatur masalah tugas pokok dan kewenangnnya. Sedangkan untuk kedudukan kapolri saat ini berada dibawah kendali presiden sehingga hal tersebut masih ideal dan relevan dalam pelaksanaan tugasnya, walaupun banyak wacana yang menginginkan polri berada dibawah departemen tertentu dimana salah satu alasannya yaitu harus disesuaikannya dengan landasan desentralisasi kewenangan pemerintahan, dengan harapan bahwa fungsi layanan publik dapat lebih ditingkatkan. Adapun bentuk organisasi polri yang ideal yaitu:

a.Dari alat kekuasaan menjadi alat Negara
Dulunya polri dikenal sebagai alat yang sering digunakan oleh penguasa namun idealnya saat ini polri tidak lagi mengabdi pada seorang penguasa politik (presiden atau yang lainnya). Jadi polri sebagai alat Negara dan dalam setiap pelaksanaan tugasnya harus berpegang teguh kepada hukum dan hukum merupakan panglima dan semua warga Negara tidak ada yang kebal hukum.

b.Dari pemolisian reaktif ke proaktif
Polisi harus berupaya menggeser pendekatan, dari penegakan hukum yang merupakan eksekusi kewenangan menuju ke arah pencegahan dan penangkalan. Namun bukan berarti polisi tidak boleh melakukan tindakan reaktif. Sehingga polri diharapkan mampu untuk dapat membina lingkungan masyarakat sekitarnya untuk bersama-sama menjadi polisi di lingkungannya.

c.Dilayani atau melayani
Idealnya polri dalam melaksanakan tugasnya bukan untuk dilayani namun polri harus mampu untuk dapat dengan professional dalam melayani masyarakatnya terkait dengan peran, fungsi dan tugasnya selaku pengayom, pelindung dan [enegak hukum.

d.Reformasi struktural,instrumental dan kultural
Idealnya pengelolaan birokrasi organisasi polri berorientasi pada tugas pokok sehingga dapat memberikan peran kepada seluruh personilnya sesuai dengan kewenagan dan peraturan di mana kegiatan yang dilaksanakn berfokus kepada struktur dan jabatannya, sehingga kegiatan dapat dilaksanakan secara efektif dan efisien. Sedangkan untuk instrumental dan cultural harus terus dilakukan untuk merubah budaya atau tradisi polri yang dianggap negative baik oleh personil polri maupun masyarakat.

e.Polri mitra masyarakat
Polri diharapkan menjadi mitra dalam masyarakat dan polri merupakan bagian dari masyarakat untuk terus bersama dalam mendorong dan mengupayakan keamanan dalam lingkungan di mana masyarakat tinggal.

Editor : Joni kasim

Publish : Nora

Penulis : Firman