• Wed. Oct 9th, 2024

PID Polda Kepri

Pengelola Informasi & Dokumentasi Polri

Pangkat Polisi dari Terkecil Sampai Terbesar (Bag 3)

ByNora listiawati

Sep 24, 2022

pid.kepri.polri.go.id– PANGKAT POLISI PERWIRA PERTAMA

Perwira merupakan salah satu pangkat tertinggi dalam jabatan polisi. Pada pangkat Perwira POLRI terdiri dari tiga urutan lagi yaitu Perwira Pertama, Perwira Menengah dan Perwira Tinggi. Jadi, Perwira Pertama merupakan urutan pangkat polisi satu tingkat di atas bintara tinggi dan satu tingkat lebih rendah di bawah pangkat Perwira Menengah.

Perwira Pertama terdiri dari Senior Inspektur Polisi, Inspektur Polisi Tinggi dan Inspektur Polisi Dua. Sedangkan yang termasuk Perwira POLRI golongan pertama adalah Inspektur Polisi Dua atau sering disingkat Ipda dan selanjutnya adalah Inspektur Polisi Satu atau disingkat Iptu dan yang terakhir adalah Ajun Komersaris Polisi atau disingkat AKP.

• INSPEKTUR POLISI DUA (IPDA)

Setelah melewati kelas Bintara Tinggi, tingkat selanjutnya yaitu jenjang Perwira. Dalam kelas perwira ada yang namanya pangkat Inspektur Polisi Dua (Ipda). Inspektur Polisi Duat akan dibantu oleh Aipda. Sedangkan Ipda sendiri memiliki tingkat kemiliteran yaitu Letnan Dua. Lambang dari pangkat Ipda yaitu satu balok dengan warna emas.

• INSPEKTUR POLISI SATU (IPTU)

Berbeda dengan pangkat Ipda, Iptu akan dibantu dengan pangkat yang berbeda dengan Ipda dibawahnya yaitu Ajun Inspektur Polisi Satu (Iptu). Iptu sendiri memiliki nama kemiliteran yaitu Letnan Satu, yang berada lebih tinggi dari pada Letnan Dua. Apabila Letnan Dua memiliki satu balok emas, maka Iptu memiliki dua balok emas sebagai lambang pangkat ini.

• AJUN KOMISARI POLISI (AKP)

Selanjutnya merupakan pangkat tertingi dalam Perwira Pertama yaitu Ajun Komisaris Polisi atu AKP. Akp menjabat sebagai senior dari ke dua komisaris yang ada dibawahnya. Apabila komisaris menjabat seperti Letnan dalam kemiliteran, maka Akp tersebut seperti halnya dengan kaptennya. Tuganya adalah memegang kontrol untuk bawahannya. Pangkat Akp sendiri dilambangkan dengan tiga balok berwarna emas.

· PANGKAT POLISI PERWIRA MENENGAH

Urutan pangkat selanjutnya adalah Perwira Menengah. Pangkat Perwira Menengah lebih tinggi satu tingkat dari Perwira Tinggi dan lebih rendah satu tingkat dari Perwira Pertama. Perwira Menengah terdiri dari Senior Superentenden, Superentenden dan Asisten Superentenden.

Sedangkan yang termasuk golongannya adalah Komisaris Polisi (Kompol), Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) dan Komisi Besar Polisi atau disingkat Kombes Pol.

• KOMISARIS POLISI (KOMPOL)

Meskipun kita sudah melewati ketiga tingkat pada kelas Bintara Tinggi. Tetapi masih ada lagi kelas yang harus kita mengerti yaitu Perwira menengah. Dalam tingkatan Perwira, pangkat yang paling rendah adalah pangkat Komisaris Polisi (Kompol). Komisaris Polisi atau Kompol bertugas sebagai asisten Ajun Komisaris Besar Polisi yang mana tingkatnya di atas satu tingkat dari Perwira Pertama. Pangkat Komisari Polisi (Kompol) dilambangkan dengan satu diamond atau bunga berwarna emas. Lambang ini merupakan pangkat Mayor dalam kepolisian. Perlu Anda ketahui, meskipun kepolisian tidak ikut turut langsung dalam menangani penyebab pelanggaran HAM vertical, tetapi disini tugas kepolisian sangat penting.

• AJUN KOMISI BESAR POLISI (AKBP)

Selanjutnya adalah Ajun Komisi Besar Polisi (AKBP) dan pada saat bertugas dibantu oleh Komisaris Polisi atau Kompol. Pangkat ini disebut Superintendent, tetapi sebelum tahun 2011. Pangkat AKBP ini masih memiliki senior yang terletak di atasnya bernama Komisaris Besar Polisi atau disingkat Kombes Pol. Pangkat ini dilambangkan dengan dua diamond berwarna emas.

• KOMISARIS BESAR POLISI (KOMBES POL)

Komisaris Besar Polisi merupakan pangkat tertinggi di tingkat Pewira. Komisaris Besar Polisi atau yang disingkat Kombes Pol dulunya juga memiliki senior yang disebut superintendent atau senior yang disebut Ajun Komesaris Besar Polisi (AKBP).

Ajun Komisiris Besar Polisi sama halnya pangkatnya dengan Kolonel kemiiteran yang membawahi adalah Letnan Kolonel dan Mayor. Pangkat Ajun Komisiris Besar Polisi dilambangkan dengan tiga buah diamond atau bunga berwarna emas.

PANGKAT POLISI PERWIRA TINGGI

Urutan pangkat polisi yang terakhir adalah Perwira Tinggi. Jadi jabatan yang tertinggi di kepolisian Negara Republik Indonesia adalah Perwira Tinggi. Jabatan dalam Perwira Tinggi meliputi Jendral Polisi, Komisaris Jendral Polisi, Inspektur Jendral Polisi disingkat dengan Komjen Pol dan yang terakhir adalah Jendral Polisi atau disingkat Jendral Pol.

Untuk golongannya yang termasuk dalam golongan Pangkat Perwira Tinggi POLRI meliputi Brigadir Jendral Polisi atau disingkat Brigjen Pol, Inspektur Jendral Polisi atau disingkat dengan Irjen Pol, Komisaris Jendral Pol atau biasa disingkat Komjen Pol dan yang terakhir adalah Jendral Polisi yang disingkat Jendral Pol.

• BRIGADIR JENDRAL POLISI (BRIGJEN POL)

Pangkat tertinggi dalam kepolisian adalah Perwira Tinggi. Tingkat yang pertama adalah Brigadir Jendral Polisi atau disingkat Brigjen Pol. Brigadir Jendral Polisi ini memiliki pangkat yang setara dengan Brigadir Jendral atau yang disingkat Brigjen Pol. Pangkat ini dilambangkan dengan satu bintang emas.

Dan perlu kita ketahui bahwa polisi juga memiliki peran penting dalam menangani beberapa faktor pelanggaran HAM yang termasuk didalamnya adalah penyebab konflik horizontal. Brigadir Polisi ini yang harus memastikan apakah brigadir satu dan brigadir dua menjalankan tugasnya dengan tertib dan konsisten atau tidak.

• INSPEKTUR JENDRAL POLISI (IRJEN POL)

Pangkat yang ke dua adalah Inspektur Jendral Polisi atau disingkat Irjen Pol dan tingkatanya berada di atas satu tingkat dari Brigjen Pol. Inspektur Jendral Polisi ini memiliki pangkat yang setara dengan Mayor Jendral yang membawahi Brigadir Jendral. Pangkat ini dilambangkan dengan dua buah bintang.

• KOMIARIS JENDRAL POLISI (KOMJEN POL)

Selanjutnya adalah Komisaris Jendral Polisi atau disingkat Komjen Pol memiliki pangkat yang setara dengan pangkat Letnan Jendral yang berada di kepolisian Indonesia. Komisaris Jendral ini membawahi dua perangkat penting yaitu Brigadir Jendral dan Inspektur Jendral Polisi. Komjen Pol ini dilambangkan dengan tiga bintang emas.

• JENDRAL POLISI (JENDRAL POL)

Pangkat terakhir dalam kepolisian adalah Jendral Polisi (Jendral Pol) dan merupakan pangkat tertinggi di Indonesia. Jedral Polisi saat ini di jabat oleh Tirto Karnavian. Terakhir menjabat sebagai Kepala Badan penanggulangan terorisme Indonesia. Tetapi ada satu lagi Jendral Polisi di Indonesia adalah Budi Gunawan. Dua Jendral Polisi tersebut memiliki empat bintang emas.

Penulis : Firman

Editor : Nora

Publisher : Firman