• Sun. Oct 6th, 2024

PID Polda Kepri

Pengelola Informasi & Dokumentasi Polri

Media Sosial serta Dampak Positif Dan Negatif Penggunaanya

ByNora listiawati

Sep 2, 2022

pid.kepri.polri.go.id– Berbicara tentang media social saat sekarang ini memang sudah tidak asing lagi bagi kalangan masyarakat, hamper setiap individu sudah menggunakan media social dari kalangan anak muda hingga orang tua untuk berbisnis atau hanya sebatas untuk terhubung dengan teman.

Dengan adanya media social memang sangatlah mambantu kita dalam berhubungan dengan orang lain, baik teman maupun saudara, namun di dalam kemudahan menggunakan media social tersebut ada juga terdapat dampak yang positif dan negatifnya, berikut di jelaskan dampak dampak positif dan negative dalam penggfunaan media social.

Adapun Beberapa dampak Positif dalam menggunakan media sosial Sbb :

1. Sebagai ajang untuk memperbanyak teman, dapat menambah teman baru maupun relasi bisnis dengan muda.
2. Sebagai media Komunikasi, mempermuda komunikasi kita dengan orang – orang, baik dalam negeri maupun di luar negeri sebagai tempat untuk mencari informasi serta banyak juga instansi pencari berita yang menggunakan media social sebagai media penyeberannya.
3. Sebagai tempat promosi dengan banyaknya orang yang menggunakan jejaringan social, membuka kesempatan kita untuk mempromosikan produk / jasa yang kita tawarkan.
4. Sebagai tempat berbagi, dengan fitur yang ada pada media social kita dapat dengan muda saling bertukar data baik berupa foto, dokumen maupun pesan suara.

Adapun Beberapa dampak Negatif dalam menggunakan media social Sbb :

1. Memgganggu hubungan antar pasangan, media sosial juga dapat memicu kecemburuan antar pasangan jika memang pasangan itu berhubungan yang tidak wajar dengan orang lain.
2. Dapat menimbulkan sifat candu, media sosial juga dapat menimbulkan sifat candu yang dapat mengakibatkan sifat penggunaannya menjadi autis atau lebih menutup diri pada kehidupan sekitarnya.
3. Munculnya tindak kejahatan, banyak juga orang yang menggunakan media sosial sebagai alat untuk melakukan kejahatan contohnya penculikan, penipuan serta lain lain.

Seperti itulah dampak Positif dan Negatif dari penggunaan media sosial, tetapi semua kembali lagi kepada orang yang menggunakannya, media sosial hanyalah alat penghubung dan kita selaku pengguna haruslah baik serta bijak dalam menggunakannya.

sumber : brainly.co.id

Penulis : Adrian Boby

Editor : Nora Listiawati

Publisher : Adrian Boby