• Tue. Oct 8th, 2024

PID Polda Kepri

Pengelola Informasi & Dokumentasi Polri

Beberapa Jenis Kejahatan Dunia Maya

ByNora listiawati

Aug 28, 2022

pid.kepri.polri.go.id– Saat ini penggunaan internet sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat. Hampir semua kalangan menggunakan internet untuk mengerjakan berbagai macam hal seperti mencari informasi, memesan produk, komunikasi, dan masih banyak lagi yang lainnya.  Meskipun demikian, dengan semakin majunya teknologi saat ini, kejahatan di dunia internet juga semakin merajalela.

Kejahatan di internet yang lebih populer dengan nama “Cyber Crime” merupakan tindakan yang merugikan orang lain yang dilakukan melalui media internet.  Kebanyakan pelaku kejahatan di internet biasanya hanya sekedar iseng, tetapi ada juga yang memang berniat memperoleh keuntungan. Berikut ini beberapa jenis kejahatan di dunia internet yang sering terjadi di kalangan masyarakat.

1.     Hacking

Kejahatan di dunia internet yang paling sering terjadi adalah kegiatan hacking. Hacking merupakan kegiatan menyusup ke dalam sistem atau program orang lain. Seorang hacker memiliki keahlian membaca dan membuat program tertentu dan mengamati sistem keamanannya. Meskipun begitu tidak semua kemampuan hacker menggunakan keahliannya untuk tindakan kejahatan.

2.     Cracking

Hampir sama dengan hacking yang melakukan kegiatan menyusup ke dalam program orang lain, namun hacking bersifat jahan karena bersifat meruak.  Cracker atau orang yang melakukan cracking merusak program orang lain seperti mem-bypass password, mengacak-acak program, bahkan menghapus data milik orang lain. Untuk itu, cracker juga sering disebut sebagai pencuri di dunia maya.

3.     Carding

Carding adalah kejahatan internet dengan memanfaatkan identitas dan nomor kartu kredit orang lain.  Seseorang yang melakukan carding dinamakan carder. Carder biasanya menggunakan identitas dan nomor kartu kredit orang lain yang didapat secara ilegal untuk berbelanja.

4.     Malware

Malware merupakan program komputer melemahkan dan membobol atau merusak program maupun operating system.  Saat ini ada berbagai macam malware yang tersebar di internet seperti, virus, worm, trojan horse, adware, browser hijacker, dll. Untuk mencegah terserahnya malware, saat ini sudah banyak anti virus, antispam dan anti malware yang dijual di toko software.  Meskipun demikian pihak pembuat malware juga akan terus mengembangkan program yang bisa merusak system komputer.

Untuk mengantisipasi agar tidak terjadi kejahatan di dunia internet kepada anda, sebaiknya berhati hati dalam berselancar di dunia maya. Yang paling penting jangan pernah melakukan login internet banking jika bukan dari situs domain asli penyedia internet banking.

Editor               : Nora

Publisher         : Firman

Penulis             : Firman