• Mon. Oct 7th, 2024

PID Polda Kepri

Pengelola Informasi & Dokumentasi Polri

Peduli Penghijauan, Polres Karimun Tanam 1.241 Pohon

ByPolres Karimun

Jan 21, 2020

Polres Karimun menanam 1.241 bibit pohon penghijauan, kegiatan  penanaman bibit pohon secara simbolis dilaksanakan di Polsek Tebing, Jumat (10/2).

Hadir pada kegiatan tersebut, Bupati Karimun, Ketua DPRD Karimun, Sekda Karimun, Danlanal TBK, Dandim 0317, OPD dan instansi Vertikal.

Kapolres Karimun AKBP Yos Guntur Yudi Fauris Susanto. S.Ik.MH, mengatakan, kegiatan penanaman bibit pohon merpakan program dari Kapori, yang berketepatan pada hari Lingkungan Hidup Indonesia dan hari sejuta pohon sedunia.

“Jadi momen ini kita lakukan dengan penanaman pohon oleh Polres Karimun yang dilaksanakan secara serentak oleh seluruh Polsek jajaran Polres Karimun,”katanya.

Dijelaskannya, pada kegiatan penanaman bibit pohon, Polres Karimun menanam 16 jenis bibit pohon diantaranya, Pucuk Merah sebanyak 485 batang, Jambu, mahoni, bintaro, nangka, matoa, lengkeng, durian, alpukat, mangga, sirsak, rambutan, kelapa, kedondong, jeruk dan belimbing.

“Untuk sasaran penanaman, selain di halaman Mako Polres, kita melakukan penanaman dilahan kosong, tempat umum, tempat ibadah dan sekolah yang dilaksanakan secara serentak,”jelasnya.

Melalui penanaman pohon ini, ia mengharapkan, menjadi solusi pemanasan global  yang terjadi saat ini, karena suhu yang dirasakan semakin lama semakin panas, karena pohon di kota sudah jarang terlihat, sudah digantikan dengan gedung besar, inilah yang membuat sinar matahari tidak dapat diserap.Akan tetapi lebih banyak di pantulkan.

Jadi kenapa kita harus menanam pohon, karena pohon dapat menghasilkan cukup oksigen dan mengurangi kadar dioksida di udara, selain itu pohon juga menjadikan air bersemayam tidak jauh dari permukaan bumi, dibawah pohon air ditemukan, karena pohonlah air dengan mudah diserap ke dalam tanah dan air tidak cepat hilang dari tanah.

“Selain itu, hijau pohon juga dapat mempercantik di sekitar lingkungan kita, dengan menanam pohon berarti kita sudah ikut berpartisipasi menyelamatkan bumi kita, dan membuat pemukiman kita teduh dan asri,”ujarnya.

Ditempat sama, Bupati Karimun, Dr Aunur Rafiq S.Sos.M.Si menyampaikan terimakasih dan memberikan apresiasinya kepada Polri  pada umumnya, kuhususnya kepada Polres Karimun yang telah melakukan kegiatan penghijauan yang sangat berarti, mudah-mudahan pohon ini nantinya menjadi bermanfaat bagi msyarakat Karimun.