• Mon. Oct 7th, 2024

PID Polda Kepri

Pengelola Informasi & Dokumentasi Polri

Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 74 di Kab. Bintan Dalam Bingkai NKRI

ByPolres Bintan

Aug 17, 2019

Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke 74 tahun 2019 di Kab. Bintan dilaksanakan secara serentak oleh instansi pemerintahan dan warga masyarakat, baik itu di pusat keramaian maupun di daerah pesisir dan pulau terluar, Sabtu (17/08/2019).

Kepolisian Resor Bintan menyelenggarakan upacara Hari Kemerdekaan RI bertempat di Mapolres Bintan. Bertindak selau Inspektur Upacara yakni Wakapolres Bintan Kompol Dandung Putut Wibowo, SIK, MH.

Disela-sela pelaksanaan upacara, Wakapolres Bintan membacakan amanat Kepala Kepolisian Republik Indonesia yang menekankan bahwa Peringatan Hari Ulang Tahun ke 74 Kemerdekaan Indonesia, menjadi momentum bagi kita untuk bersyukur, atas seluruh karunia Tuhan Yang Maha Esa.

Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia juga menjadi momentum bagi kita untuk berterima kasih kepada seluruh pahlawan kusuma bangsa, atas seluruh perjuangan, pengabdian, dan pengorbanan, kepada masyarakat, bangsa, dan negara.

Pemolisian di era demokrasi harus bertumpu kepada upaya untuk meraih kepercayaan masyarakat, selaku pemegang kekuasaan tertinggi negara dengan mewujudkan penegakan supremasi hukum dan HAM, peningkatan kualitas pelayanan publik, serta optimalisasi pemeliharaan Kamtibmas.

Dalam tataran operasional, Polri akan menghadapi berbagai agenda nasional. Sebagai tahapan akhir pengamanan Pemilu 2019, Polri akan mengamankan pengucapan sumpah/janji anggota DPRD Kabupaten/Kota, DPRD Provinsi, DPD RI, dan DPR RI, serta pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih hasil Pemilu Tahun 2019. Selanjutnya pada akhir tahun, Polri akan menyelenggarakan pengamanan Hari Raya Natal Tahun 2019 dan Tahun Baru 2020.

Untuk menghadapi berbagai agenda pengamanan tersebut, Kapolri berpesan kepada seluruh jajaran untuk terus meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan, laksanakan deteksi dini terhadap setiap potensi gangguan Kamtibmas, agar dapat terselesaikan secara tuntas sebelum berkembang menjadi gangguan nyata dan jalin koordinasi dan kerja sama sinergis dengan satuan TNI di semua tingkatan, Pemerintah Daerah, para pemangku kepentingan, serta seluruh elemen masyarakat, baik secara formal maupun informal.

Sementara itu Polsek Bintan Timur melalui Polisi Perbatasan melaksanakan upacara HUT Kemerdekaan RI ke 74 berrtempat di Pulau Mapur Kec. Bintan Pesisir. Dalam pelaksanaan upacara tersebut melibatkan anggota TNI, unsur pemerintahan desa dan masyarakat setempat. Pasca pelaksanaan upacara, bersama-sama dengan unsur TNI, Polri dan masyarakat melaksanakan pengibaran Bendera Merah Putih di Pulau Sentut, Desa Mapur yang merupakan salah satu pulau terluar Indonesia sebagai wujud menanamkan jiwa nasionalisme dalam menjaga kedaulatan NKRI.

Puncak dari kegiatan tersebut yakni dilangsungkannya Upacara Detik-Detik Proklamasi HUT Kemerdekaan RI ke 74 tingkat Kab. Bintan yang dilaksanakan di Lapangan Monumen Relief Antam Kijang Kec. Bintan Timur dengan mengusung tema SDM Unggul Indonesia Maju.

Bertindak selaku Inspektur Upacara yakni Bupati Bintan H. Apri Sujadi, S. Sos, sebagai Komandan Upacara AKP Muchlis Nadjar, SH, SIK yang sehari-hari sebagai menjabat sebagai Kapolsek Bintan Timur, sementara pembaca naskah Proklamasi yaitu H. Nessar Ahmad, S.IP selaku Ketua DPRD Bintan.

Pengibaran Bendera Merah Putih dilaksanakan oleh Paskibraka Kab. Bintan tahun 2019 berjumlah 72 orang dengan rincian 33 orang Paskibraka dan 39 personil TNI Polri dengan Komandan Paskibraka Ipda Mohd. Fajri Firmansyah, S. Tr.K.

Tampak hadir dalam upacara tersebut antara lain Wakil Bupati Bintan  Drs. H. Dalmasri Syam, MM, Kafasharkan Lantamal IV Tanjung Pinang  Kolonel Laut (T) Mulyatna, Dandim 0315 Bintan Letkol Inf I Gusti Bagus Putu Wijangsa, Kapolres Bintan AKBP Boy Herlambang, SIK, M.Si, Ketua DPRD Bintan H. Nessar Ahmad, S.IP, Kajari Bintan Sigit Prabowo, SH, MH, Ketua Pengadilan Negeri Tanjung Pinang (diwakili), Danlanud Raja Haji Fisabilillah Tanjung Pinang (diwakli), Dansat Radar 213 Bintan (diwakili), Camat, Lurah dan Kepala Desa se Kab. Bintan, Gabungan Organisasi Wanita Kab. Bintan dan anggota Legiun Veteran Republik Indonesia Kab. Bintan.

Sementara itu peserta upacara terdiri dari gabungan unsur TNI, personil Polres Bintan, anggota Batalyon B Pelopor Satbrimobda Kepri, Dinas Perhubungan, Satpol PP, unsur Kepolisian Khusus, Aparatur Sipil Negara Kab. Bintan, gabungan Ormas dan OKP serta pelajar SMP dan SMA se Kab. Bintan.