• Sun. Oct 6th, 2024

PID Polda Kepri

Pengelola Informasi & Dokumentasi Polri

BASEMBANG BERCERITA KAMTIBMAS DITBINMAS POLDA KEPRI DENGAN MASYARAKAT PESISIR/ PERAIRAN PULAU AIR RAJA KECAMATAN GALANG DALAM RANGKA MENCIPTAKAN SITUASI KAMTIBMAS YANG KONDUSIF

ByDit Binmas

Nov 29, 2019

 

 

pada hari Jumat tanggal 29 November 2019 pukul 09.00 wib di Balai pertemuan Kelurahan Air Raja Kecamatan Galang Batam, telah dilaksanakan kegiatan Basembang Bercerita Kamtibmas dengan Lurah Air Raja, Ketua Rt / RW dan tokoh masyarakat Kelurahan Air Raja Kecamatan Galang Batam.

 

 

Adapun terib acara kegiatan sbb:

1. Pembukaan

2. Pembacaan doa

3. Sambutan dari Seklur Air Raja ibu Irdawati, SIP

4. Sambutan dari Kasubdit Bintibsos Kompol Lukas Ginting, sekaligus menyampaikan pesan pesan kamtibmas

5. Dialog tentang kamtibmas.

6. Foto bersama

7. Penutup

 

 

 

Yang hadir dalam giat tersebut antara lain :

1. Seklur Air Raja ibu Irdawati SIP

2. Ketua Nelayan Pulau Air Raja Muhammad

3. Kapolsek Galang diwakili oleh Bhabinkamtibmas Kel Air Raja Brigadir Eko

4. tokoh masyarakat, Tokoh Agama dan tokoh Pemuda Kelurahan Air Raja

5. Ketua Rt/ Rw serta masyarakat Pulau Air Raja kecamatan Galang

 

 

1. Sambutan dari Seklur Air Raja sbb :

 

a. Mengucapkan terima kasih kepada Ditbinmas Polda Kepri yang telah berkunjung dan mengadakan kegiatan Basembang Bercerita Kamtibmas, dimana masyarakat Pulau Air Raja mendapat pencerahan dari Dit Binmas Polda kepri tentang informasi sitkamtibmas baik Nasional maupun Lokal.

 

b. Sitkamtibmas wilayah Kelurahan Air Raja sampai saat ini masih aman dan terkendali, namun karena letak geografisnya wilayah perairan ( dikeliling Laut ) maka perlu ditingkatkan kewaspadaannya karena rawan akan penyelundupan baik berupa narkoba maupun barang terlarang lainnya serta waspada juga terhadap orang pendatang baru yang mungkin sebagai pelaku kejahatan.

 

c. Untuk memudahkan komunikasi dan untuk menyampaikan informasi dari warga, Kelurahan Air Raja sudah membentuk WA Grup yang beranggotakan Lurah, ketua Rt/ Rw, tokoh masyarakat , Babinsa dan Buabinkamtibmas, sehingga memudahkan memantau sitkamtibmas dilingkungan Kel. Air Raja.

 

2. Sambutan dan sekaligus penyampaian Pesan pesan kamtibmas dari Kasubditbintibsos Kompol Lukas Ginting sebagai berikut.

 

A. Menyampaikan situasi secara Nasional dan Lokal, bahwasanya secara umum masih konsusif namun masih ada gejolak gejolak terutama masalah Radikalisme dan terorisme, seperti yang terjadi baru baru ini di Mapolrestabes Medan yaitu kejadian penyerangan dengan cara Bom bunuh diri, masalah Narkoba yang masih Marak serta masalah sosial lainnya.

 

B. Berbicara Radikalisme kita tidak boleh lansung menuduh pelakunya dari agama tertentu karena isu ini sangat sensitif, dan tidak boleh juga kita menilai orang yang radikal karena penampilan seperti bercelana jingkrang, berjanggut dan sebagainya, masalah radikalisme ini merupakan paham yang menyimpang dari aturan agama maupun pemerintah dan orang yang radikal tersebut merupakan oknum, baik secara pribadi maupun kelompok, tidak boleh kita mengatas namakan agama tertentu.

 

C. Kunci terjadinya suatu kejahatan adalah bertemunya niat dan kesempatan oleh sebab itu diharapkan kepada warga masyarakat harus mewaspadai dan mensiasati supaya niat dan kesempatan ini tidak ketemu, sehingga sitkamtibmas diwilayah kita dalam keadaan aman dan kondusif, diharapkan kepada para Ketua Rt/Rw supaya membentuk dan menghidupkan kembali poskamling dan memberlakukan kembali Tamu harap lapor dalam 1 x 24 jam.

 

D. Agar masyarakat bijak menggunakan medsos jangan asal kirim berita yang belum tentu kebenarannya /hoaxs, bijaklah menggerakan jari, jangan menebar kebencian, permusuhan maupun fitnah.

 

E. Agar diatensi dan waspadai terus tentang peredaran gelap narkoba karena barang ini datangnya dari luar negri melalui laut, masih kita ingat bahwa pada tahun 2018 lalu pernah ada penangkapan narkoba jenis Sabu sabu sebanyak 2, 6 ton yang ditangkap di wilayah perairan Kepri, tentunya tidak menutup kemungkinan bisa terjadi kembali di wilayah kita, diharapkan sekali lagi khususnya kepada nelayan agar memonitor dan mewaspadai nya, apabila mengetahui agar segera laporkan ke petugas Polri terdekat dalam hal ini Bhabinkamtibmas.