kepri.polri.go.id- Jangan berpikir dan mengatakan bahwa anda tidak memiliki waktu. sebab sebagaimana orang lain, anda juga diberikan waktu yang jumlahnya sama persis dengan yang dimiliki orang-orang sukses dan sibuk di sekitar Anda. Hal ini tentu menjadi perenungan tersendiri.
Bisa jadi ada beberapa banyak waktu yang kemungkinan selama ini terbuang dengan percuma alias sia-sia. Membuang-buang waktu sama saja dengan membuang banyak kesempatan dan juga peluang meraih kesuksesan di dalam hidup. Anda akan kehilangan banyak sekali hal berharga yang seharusnya bisa dimiliki saat ini.
Berikut cara sukses agar anda sebaik mungkin mengatur waktu yang anda punya.
1. Selesaikan Pekerjaan Paling Penting Terlebih Dahulu
Ketika bekerja atau melakukan berbagai hal lainnya di dalam kehidupan anda, sangat penting untuk selalu menyelesaikan yang paling penting terlebih dahulu. Barulah setelahnya disusul dengan berbagai hal lainnya. Ini akan menjadi pola pikir yang memudahkan anda dalam mengelola pekerjaan. dan anda akan memiliki sejumlah waktu yang cukup memadai untuk mengerjakan setiap pekerjaan yang sesuai dengan kebutuhan penyelesaiannya.
2. Belajar Untuk Mengatakan “Tidak”
Hal yang sering kali kita lakukan adalah membuang-buang waktu untuk sejumlah kegiatan yang tidak begitu penting. Hal ini justru membuat kita rugi dan tidak mendapatkan apa-apa. Mulailah berkomitmen untuk menolak berbagai kegiatan atau hal yang akan menyia-nyiakan sejumlah waktu Anda yang berharga dengan percuma.
3. Fokus Pada Pekerjaan
Jika bekerja di depan layar komputer, biasakan untuk selalu fokus dan mengerjakan apa yang menjadi tugas anda dengan baik. Hindari godaan untuk membuka berbagai jendela yang tidak ada hubungannya dengan pekerjaan anda sehingga pekerjaan tersebut bisa selesai tepat waktu.
4. Selesaikan Lebih Awal
Jangan suka menunda-nunda pekerjaan atau melakukan pekerjaan secara terburu-buru. Ini akan membuat anda berisiko untuk melakukan kesalahan dan juga berbagai hal lainnya yang mengurangi nilai dari pekerjaan yang sedang anda tangani. akan sangat baik jika anda selalu menyelesaikan pekerjaan lebih awal dan tepat waktu.
5. Jangan Membuang Waktu Untuk Berbagai Hal Kecil
Memeriksa pekerjaan secara detail memang sangat penting. Namun, akan sangat menghabiskan waktu jika anda melakukannya setiap saat. Sementara pekerjaan tersebut belum juga selesai dikerjakan. lakukan pekerjaan anda dengan teratur dan sesuai dengan poin-poin yang seharusnya. selanjutnya, anda bisa meluangkan waktu sejenak untuk memeriksanya kembali setelah semuanya selesai dikerjakan.
6. Jadikan Pekerjaan Utama Sebagai Sebuah Kebiasaan
Ini akan sangat menyenangkan jika bisa anda terapkan di dalam kehidupan. anda menjadikan pekerjaan rutin sebagai kebiasaan atau hobi yang menyenangkan. Dengan melakukan hal ini, pekerjaan akan terasa ringan dan tidak melelahkan, terutama jika ternyata anda begitu menyenanginya.
Penulis : Adrian Boby
Editor : Nora Listiawati
Publisher : Nolanda Mustika