• Sun. Oct 6th, 2024

PID Polda Kepri

Pengelola Informasi & Dokumentasi Polri

Kapolres Tanjungpinang Beri Materi Kerukunan Umat Beragama Untuk Pemilu Damai Bagi Mahasiswa

Tribratanews.kepri.polri.go.id – Kapolres Tanjungpinang AKBP Ucok Lasdin Silalahi, SIK, MH menjadi Pemateri pada “Seminar Sehari” yang diselenggarakan Komunitas Bakti Bangsa dengan tema “Membangun Kerukunan Umat Beragama Untuk Menyukseskan Pemilu” bertempat di aula Gedung Perpustakaan dan Arsip Kota Tanjungpinang, Selasa (16/4/2019).

Dalam penyampaiannya kepada kurang lebih 150 orang Mahasiswa peserta seminar, Kapolres Tanjungpinang menyatakan bahwa kerukunan umat beragama merupakan syarat mutlak untuk menyelenggarakan pemilu secara profesional, adil, dan bermartabat. “Kondisi yang damai akan melahirkan pemilu yang berkualitas. Itu sudah dibuktikan,” kata Kapolres Tanjungpinang.

Kapolres Tanjungpinang mengatakan bahwa kondisi kerukunan umat beragama di Tanjungpinang berjalan dengan baik. Meski demikian, upaya pembinaan kerukunan umat beragama harus tetap dilakukan. “Pembinaan dilakukan sesuai dengan karakteristik daerah, apalagi karakter masyarakat Tanjungpinang secara umum masih primordial. Agama merupakan kunci berbuat kebaikan, yang semestinya diaplikasikan pula saat pemilu,” ucapnya.

Kapolres Tanjungpinang juga memberi apresiasi kepada aktivis Komunitas Bakti Bangsa yang sudah memilih tema menarik sehari sebelum pelaksanaan Pemilu 2019. Tema itu mengandung makna seluruh kegiatan pemilu juga merupakan tanggung jawab umat beragama.

Pada kegiatan ini juga hadir narasumber Ketua Bawaslu Tanjungpinang M. Zaini, Komisioner KPU Tanjungpinang Yusuf Mahidin, Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Raja Haji Tanjungpinang Endri Sanopaka dan Kabid Kesejahteraan Bangsa dan Ketahanan Bangsa pada Badan Kesbangpol Tanjungpinang Hasanudin.