• Mon. Oct 7th, 2024

PID Polda Kepri

Pengelola Informasi & Dokumentasi Polri

Musim Penghujan

ByNora listiawati

Sep 5, 2022

pid.kepri.polri.go.id– Musim hujan atau musim basah adalah musim dengan ciri meningkatnya curah hujan di suatu wilayah dibandingkan biasanya dalam jangka waktu tertentu secara tetap. Istilah musim hijau juga terkadang digunakan sebagai eufemisme oleh otoritas wisata. Daerah dengan musim hujan tersebar di bagian tropis dan subtropis.

Di daerah di mana curah hujan tinggi dikaitkan dengan pergeseran angin, musim hujan dikenal sebagai musim muson. Banyak iklim tropis dan subtropis mengalami pola curah hujan muson. Curah hujan di musim hujan terutama disebabkan oleh pemanasan siang hari, yang menyebabkan aktivitas badai petir diurnal dalam massa udara lembab yang sudah ada sebelumnya , sehingga hujan terutama turun pada sore hari dan menjelang malam hari di daerah sabana dan monsun. Selanjutnya, banyak dari total curah hujan setiap hari terjadi pada menit-menit pertama hujan, sebelum badai matang ke tahap stratiform mereka. Sebagian besar tempat hanya memiliki satu musim hujan, tetapi daerah tropis dapat memiliki dua musim hujan, karena palung monsun, atau Zona Konvergensi Antartropis, dapat melewati lokasi di daerah tropis dua kali per tahun. Namun, karena hutan hujan memiliki curah hujan yang merata sepanjang tahun, mereka tidak memiliki musim hujan.(wikipedia).

Di daerah tropis, ketika musim hujan tiba, suhu tinggi siang hari yang tinggi turun dan suhu rendah malam hari meningkat, sehingga mengurangi variasi suhu diurnal. Selama musim hujan, kombinasi dari hujan lebat dan, di beberapa tempat seperti Hong Kong, angin darat, meningkatkan kualitas udara. Di Brasil, musim hujan berkorelasi dengan angin pasat yang lebih lemah di lepas pantai. Ketinggian pH air menjadi lebih seimbang karena pengisian akuifer lokal selama musim hujan. Air juga melunak, karena konsentrasi bahan terlarut berkurang selama musim hujan. Erosi juga meningkat selama periode hujan. Dalam beberapa kasus dengan air sedalam 10 kaki (3,0 m). Pencucian tanah selama periode hujan deras menghabiskan nutrisi. Limpasan yang lebih tinggi dari daratan mempengaruhi wilayah laut terdekat, yang lebih berlapis, atau kurang tercampur, karena arus permukaan yang lebih kuat yang dipaksakan oleh limpasan hujan deras.

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), awal musim hujan di Indonesia diperkirakan akan terjadi pada September hingga November 2022 dengan puncak musim penghujan diprediksi terjadi pada Desember 2022 dan Januari 2023.(kompas.com)

Sebagai masyarakat yang tinggal di daerah tropis, tentunya kita diharuskan untuk waspada terhadap perubahan siklus cuaca, serta curah hujan yang tidak dapat di prediksi. Untuk itu di musim penghujan ini kami menyarankan anda untuk siap sedia membawa perlengkapan yang di butuhkan dimusim penghujan ini, seperti payung dan jas hujan.

Sedia Payung Sebelum Hujan.

sumber : wikipedia, kompas.com

Penulis : Adrian Boby

EditorĀ  : Nora Listiawati

Publisher : Adrian Boby