• Sun. Oct 6th, 2024

PID Polda Kepri

Pengelola Informasi & Dokumentasi Polri

BIRO LOGISTIK POLDA KEPRI SIAP MENERAPKAN ADAPTASI KEBIASAAN BARU

ByBIRO SARPRAS

Aug 5, 2020

Pada masa pandemi virus Covid-19, Biro Logistik  siap menerapkan Adaptasi Kebiasaan Baru dilingkungan Polda Kepri. Hal ini merupakan langkah mengurangi penyebaran virus Covid-19 semakin meluas. Oleh karena itu langkah-langkah sederhana seperti menyiapkan alkohol hand sanitizer, menerapkan jaga  jarak aman komunikasi serta mengurangi sentuhan seperti berjabat tangan sangat perlu dilakukan.

Adaptasi kebiasaan baru adalah cara kita merubah perilaku, gaya hidup, dan kebiasaan. Keadaan dimana ketika PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) mulai dilonggarkan, protokol kesehatan tetap dilakukan sehingga kita tetap bisa produktif dengan tetap mencegah terjangkit virus corona. Adaptasi kebiasaan baru ini dilakukan pada sektor atau bidang penting seperti rumah ibadah, pasar atau pertokoan, perkantoran, transportasi umum, hotel, dan restoran, serta dilakukan saat wilayah sudah menjadi zona aman (zona hijau) yang dihitung berdasarkan data dan fakta di lapangan.

Ketika pelonggaran mulai berlaku, kita tetap harus melaksanakan protokol kesehatandengan menggunakan masker, jaga jarak ideal, rajin mencuci tangan dengan sabun, olahraga teratur, dan jaga asupan gizi. Selain itu, perhatikan juga situasi dan kondisi tempat bekerja, sejauh mana kegiatan daring (online) bisa didahulukan daripada luring (offline).

Adaptasi kebiasaan baru, bisa berjalan secara efektif jika kita mau menaati dan konsisten dengan protokol kesehatan yang ada. Diharapkan, segala lapisan bisa memahami dan menjalankan tatanan hidup baru ini dengan sebaik-baiknya agar kita bisa tetap beraktivitas normal (dengan kebiasaan yang baru) dan terhindar dari penyebaran virus corona.