Polresta Barelang – Polresta Barelang kembali menunjukkan respons cepat dan profesional dalam menangani aduan masyarakat melalui layanan darurat 110. Pada Kamis, 19 Juni 2025, pukul 18.15 WIB, seorang warga bernama Bapak Kiki melaporkan adanya dugaan tindak pidana pencurian yang terjadi di kawasan Ruko Kara Junction Blok A No. 13A, Mandiri Tunas Finance, Kelurahan Taman Baloi, Kecamatan Batam Kota. Jumat (20?06/2025).
Dalam aduannya, pelapor menginformasikan bahwa warga sekitar telah mengamankan seorang laki-laki yang diduga melakukan aksi pencurian di lokasi tersebut. Laporan tersebut segera ditindaklanjuti oleh operator 110 Polresta Barelang, Brigadir Wahyudi Karya Siregar, dengan mengoordinasikan piket Batara Biru Polsek Batam Kota dan Tim Tameng Polresta Barelang melalui alat komunikasi Hand Talk (HT).
Petugas gabungan dari Polsek Batam Kota dan Polresta Barelang kemudian segera menuju tempat kejadian perkara (TKP) untuk menangani laporan. Setibanya di lokasi, petugas berhasil mengamankan terduga pelaku pencurian dan memastikan situasi kembali kondusif tanpa adanya eskalasi.
“Langkah cepat ini adalah bentuk komitmen kami dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Layanan 110 hadir sebagai jembatan komunikasi antara masyarakat dan kepolisian untuk mempercepat penanganan berbagai bentuk tindak kriminalitas,” ujar AKP Djulmi Aswirman Amir, Kepala SPKT Polresta Barelang.
Berbekal laporan yang lengkap dan akurat dari pelapor, serta kesigapan petugas, kasus ini dapat ditangani secara efisien. Pelaku kini telah diamankan untuk proses hukum lebih lanjut.
Dengan adanya layanan respons cepat ini, Polresta Barelang berharap masyarakat lebih percaya dan aktif berpartisipasi dalam menjaga keamanan lingkungan. Kewaspadaan dan sinergi antara warga dan aparat hukum sangat penting untuk menciptakan Kota Batam yang aman dan nyaman bagi semua.
Kasi Humas Polresta Barelang, Iptu Budi Santosa, S.H., turut mengimbau masyarakat agar tidak ragu untuk memanfaatkan layanan Call Center 110 maupun aplikasi “Polisi Super Apps” dalam menyampaikan laporan atau keluhan. “Kami selalu siap memberikan respon cepat, karena kenyamanan dan keamanan masyarakat adalah prioritas kami,” ujarnya.