• Sat. Apr 19th, 2025

PID Polda Kepri

Pengelola Informasi & Dokumentasi Polri

Evaluasi Efektivitas Program Bantuan Belajar bagi Siswa Berkebutuhan Khusus

ByNora listiawati

Jul 24, 2024

Evaluasi efektivitas program bantuan belajar bagi siswa berkebutuhan khusus adalah proses penting untuk memastikan bahwa program-program tersebut memenuhi tujuan dan memberikan manfaat yang maksimal bagi siswa. Berikut adalah langkah-langkah dan faktor-faktor penting dalam melakukan evaluasi tersebut:

  1. Penetapan Tujuan dan Kriteria Evaluasi
    Tujuan Program: Tentukan apa yang ingin dicapai oleh program bantuan belajar, misalnya, meningkatkan keterampilan akademik, sosial, atau kemandirian siswa.
    Kriteria Evaluasi: Identifikasi kriteria yang akan digunakan untuk menilai efektivitas program. Ini bisa mencakup kemajuan akademik, keterampilan sosial, kepuasan siswa dan orang tua, serta penilaian dari pengajar.

2. Pengumpulan Data
Data Akademik: Kumpulkan data tentang kemajuan akademik siswa, seperti hasil ujian, tugas, dan penilaian guru.
Observasi dan Penilaian: Lakukan observasi langsung terhadap interaksi siswa dengan program dan penilaian terhadap keterampilan dan perkembangan siswa.
Feedback Siswa: Dapatkan umpan balik langsung dari siswa tentang pengalaman mereka dengan program tersebut.

  1. Analisis Data
    Analisis Kuantitatif: Bandingkan data sebelum dan sesudah program untuk mengukur perubahan dalam pencapaian akademik dan keterampilan lainnya.
    – Analisis Kualitatif: Tinjau feedback dan observasi untuk memahami bagaimana program memengaruhi pengalaman dan kesejahteraan siswa.