• Sun. Oct 6th, 2024

PID Polda Kepri

Pengelola Informasi & Dokumentasi Polri

Antisipasi Corona, Seluruh Personil Polres Tanjungpinang Dilakukan Pemeriksaan Suhu Tubuh

pid.kepri.polri.go.id – Seluruh Personil Polres Tanjungpinang mendadak dikumpulkan di halaman Mako Polres Tanjungpinang, Senin malam (16/3/2020).

Sebanyak kurang lebih 400 (empat ratus) Personel termasuk Perwira dan Brigadir terkecuali yang sedang melaksanakan kedinasan seperti pelayanan di Polsek-Polsek dikumpulkan tanpa ada instruksi dan dilakukam secara tiba-tiba tak lain untuk dilakukan pengecekan suhu tubuh tiap Personelnya.

Wakapolres Tanjungpinang Kompol Agung Gima Sunarya, SIK memimpin langsung kegiatan ini dan menyampaikan bahwa :

• Kegiatan yang dilaksanakan ini atas arahan langsung dari Bapak Kapolres Tanjungpinang dan seperti yang diketahui bahwa virus Corona sudah mewabah dimana-mana, oleh karena itu dilaksanakan langkah-langkah antisipasi khususnya bagi Personel Polres Tanjungpinang.

• Telah disiapkan alat untuk mengukur suhu tubuh / thermogun. Bagi Personil akan dilaksanakan pengecekan satu persatu, untuk itu setiap Personil dapat melaksanakannya dengan tertib dan bergantian, bila ada anggota yang suhu tubuhnya tinggi agar Urkes langsung melakukan perawatan bila perlu langsung lakukan tindakan isolasi.

• Segera lengkapi setiap ruang pelayanan dengan thermogun dan hand sanitizer serta berikan penyampaian yang baik kepada masyarakat yang datang agar setelah selesai memegang sesuatu untuk menggunakan hand sanitizer sebagai sterilisasi tangan.

• Mulai dibiasakan tata cara salaman / silaturahmi yang baik dengan cara tidak melakukan sentuhan langsung namun dengan menunduk dan memberi salam penuh hormat.

• Telah terbitnya kebijakan pemerintah terkait masa libur sekolah / melakukan aktivitas belajar mengajar di rumah sampai waktu yang ditentukan. Hal ini perlu peran aktif kita untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat bahwa libur yang diberikan bukan berarti melaksanakan liburan dengan melakukan perjalanan ke luar kota atau mengunjungi tempat-tempat wisata. Namun libur yang diberikan ini agar setiap orang menahan diri untuk sedapat mungkin tidak melakukan aktivitas di luar rumah. Dengan begitu akan dapat dideteksi dan membatasi serta memutus mata rantai penyebaran virus Corona.

Kemudian dilakukan pemeriksaan suhu tubuh setiap Personil dan diperoleh hasil bahwa suhu tubuh rata-rata Personil paling rendah 35,7 °C dan paling tinggi 36,8 °C. Tidak ditemukan personil yang terindikasi terpapar Covid-19.