• Tue. Oct 8th, 2024

PID Polda Kepri

Pengelola Informasi & Dokumentasi Polri

Basembang Bercerita Kamtibmas Ditbinmas Polda Kepri Bersama Masyarakat Pulau Kubung

Byadmin bidhumas

Nov 12, 2019

Tribratanews.kepri.polri.go.id – Ditbinmas Polda Kepri melaksanakan kegiatan Basembang Bercerita Kamtibmas bersama masyarakat Pulau Kubung Kelurahan Ngenang Kecamatan Nongsa bertempat di halaman pertemuan warga, Rabu (6/11/2019) sekira pukul 09.00 wib.

Kegiatan ini dihadiri oleh Ps. Kasubdittibsos Kompol Lukas Ginting, Iptu Maskat, dan Brigadir Erwin Bhabinkamtibmas Kel. Ngenang Nongsa. Adapun turut hadir pada kesempatan tersebut Tokoh Masyarakat Pulau Kubung Bapak Ateng, Ketua RW.01 Bapak Baki serta masyarakat Pulau Kubung Kelurahan Ngenang.

“Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif serta meningkatkan silaturahmi yang baik dengan masyarakat,” ujar Kompol Lukas Ginting.

Dalam sambutannya, Tokoh Masyarakat Pulau Kubung Bapak Ateng mengucapkan terima kasih kepada Ditbinmas Polda Kepri yang telah mengadakan kegiatan tersebut dalam rangka menciptakan situasi yang aman dan kondusif diwilayah Kota Batam khususnya di Pulau Kubung.

“Pulau Kubung ini dari dulu sampai sekarang termasuk daerah yang paling aman karena masyarakatnya satu sama lain ada hubungan saudara. Apabila ada gangguan kamtibmas selalu bekerja sama dengan Bhabinkamtibmas Brigadir Erwin dari Polsek Nongsa,” tutur Bapak Ateng.

Sementara dalam sambutan Ketua RW.01 Bapak Baki berharap warga masyarakatnya peka terhadap situasi terutama masuknya paham radikal dan penyelundupan narkoba maupun barang-barang ilegal lainnya dari luar khususnya dari Pulau Kubung.

Selanjutnya, Kompol Lukas Ginting menyampaikan pesan kamtibmas diantaranya terkait kejahatan yang sering kali terjadi karena adanya niat dan kesempatan.

“Oleh sebab itu mari kita mengantisipasinya dengan cara open terhadap situasi yang berkembang. Contohnya, tahu orang asing yang masuk ke kampung kita, tanyakan apa maksud dan tujuannya datang, bisa saja orang luar tersebut mengembangkan paham radikaisme maupun membawa barang terlarang seperti narkoba dan lainnya,” imbuh Kompol Lukas Ginting.

Lanjutnya, kunci untuk menciptakan situasi kamtibmas adalah kekompakan dan menjalin sinergitas dengan Polri maupun instansi terkait lainnya. Pada kesempatan yang sama, Ditbinmas Polda Kepri juga menghimbau kepada masyarakat untuk selalu mengantisipasi paham radikalisme serta menghimbau masyarakat untuk selalu bijak dalam menggunakan medsos.