• Sun. Oct 6th, 2024

PID Polda Kepri

Pengelola Informasi & Dokumentasi Polri

Polres Tanjungpinang dan BNK Lakukan Cek Urin Awak Kapal dan Maskapai Penerbangan

Tribratanews.kepri.polri.go.id – Polres Tanjungpinang melalui Satuan Narkoba bersama dengan BNN Kota Tanjungpinang menggelar Pengecekan Urin, Jumat (31/5/2019).

Pengecekan urin dilaksanakan di 2 (dua) lokasi yaitu sbb:

A. Bandara RHF Tanjungpinang

Dihadiri oleh Kapolsek Bandara RHF yang juga Ka Pos Pelayanan Bandara RHF Ops Ketupat Seligi 2019 Iptu Efendi, Kasi Rehabilitasi BNK Tanjungpinang Sri Murdianingsih, pihak Angkasa Pura 2, Avsec serta Personil Pos, Sat Narkoba, Urkes Polres Tanjungpinang dan BNK.

Pemeriksaan urin dilakukan terhadap 17 (tujuh belas) orang yaitu Pilot, Co Pilot dan Pramugari Maskapai penerbangan dengan hasil negatif / tidak ditemukan dugaan penggunaan / konsumsi narkoba.

B. Pelabuhan SBP Tanjungpinang

Pemeriksaan urin dilaksanakan oleh Tim BNK Tanjungpinang bersama Satuan Res Narkoba dan Polsek KKP Polres Tanjungpinang.

Adapun pemeriksaan urin dilakukan terhadap 30 (tiga puluh) orang yaitu Kapten kapal, crew dan awak kapal lintas Kota dengan hasil negatif / tidak ditemukan dugaan penggunaan / konsumsi narkoba.

Kapolres Tanjungpinang AKBP Ucok Lasdin Silalahi, SIK, MH menyampaikan bahwa kegiatan pemeriksaan urin ini dilaksanakan untuk memastikan bahwa para pengendali sarana angkutan laut dan udara terbebas dari narkoba. Yang mana pada perayaan Idul Fitri 1440 H di Kota Tanjungpinang diprediksi terjadi peningkatan penumpang pengguna sarana angkutan laut dan udara.

Untuk itu perlu dipastikan keamanan dan keselamatan para penumpang salah satunya dengan melaksanakan pemeriksaan urin untuk mendeteksi penggunaan narkoba bagi para pengendali sarana angkutan yang dapat membahayakan jalannya transportasi karena dapat mengganggu konsentrasi dan merusak kesehatan para pengendali sarana angkutan.